3 Dampak Resesi Dunia Terhadap Ekonomi Indonesia

Selasa, 04 Oktober 2022 - 15:10 WIB
loading...
3 Dampak Resesi Dunia Terhadap Ekonomi Indonesia
Terdapat tiga dampak resesi dunia terhadap ekonomi Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
Terdapat tiga dampak resesi dunia terhadap ekonomi Indonesia yang bisa diketahui. Terjadinya resesi global tentunya akan memberikan dampak buruk di setiap negara di dunia tak terkecuali Indonesia.

Menurut The World Bank, resesi global dapat muncul akibat meningkatnya inflasi dan semakin ketatnya kondisi keuangan. Meskipun secara perkiraan tidak menunjukkan akan adanya resesi pada tahun 2022-2023, namun pengalaman dari yang sebelumnya menunjukkan bahwa setidaknya terdapat dua perkembangan yang telah terwujud dalam beberapa bulan terakhir atau sedang berlangsung.

Baca juga : Menjauhi Jurang Resesi Ekonomi

Hal tersebutlah yang memungkinkan terjadinya resesi global dalam waktu dekat. Biasanya peristiwa ini akan didahului oleh pelemahan pertumbuhan global yang signifikan pada tahun sebelumnya, seperti yang terjadi belakangan ini.

Bila memang resesi global ini benar adanya akan terjadi maka Indonesia juga akan terkena dampak nantinya.

Berikut tiga akibat resesi dunia terhadap ekonomi Indonesia :

1. Permintaan Produk Ekspor Menurun

Bila terjadi resesi, nantinya negara negara pengimpor Indonesia seperti Amerika Serikat akan membuat tekanan pada sisi permintaannya.

Dampaknya bila angka permintaan ini turun nantinya akan mempengaruhi neraca dagang yang beresiko kembali terjadinya defisit dan penerimaan negara yang turun.

Baca juga : Kemenkeu: Indonesia Sudah Resesi!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)