Daftar Kekayaan Crazy Rich Indonesia, Nomor 1 Melesat Lampaui Jack Ma

Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:16 WIB
loading...
Daftar Kekayaan Crazy Rich Indonesia, Nomor 1 Melesat Lampaui Jack Ma
Daftar crazy rich Indonesia ada yang harta kekayaannya melampaui Jack Ma. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Setelah rilis film Crazy Rich Asian tahun 2018 silam, kata tersebut menjamur di tengah masyarakat mendeskripsikan segelintir orang yang bergelimang harta. Tak sembarang orang bisa menerima titel tersebut. Hanya orang-orang tertentu dengan kekayaan fantastis yang laik menyandang julukan ini. Berikut daftar crazy rich Indonesia versi Forbes.

1. Robert Budi Hartono
Pengusaha terkaya di Indonesia ini merupakan pemilik beberapa unit bisnis seperti BCA, Djarum, hingga menciptakan beragam platform dogital di sejumlah sektor lain ini memiliki harta senilai USD22,8 miliar atau Rp346,104 triliun.

Dengan kekayaan tersebut, Budi Hartono berhasil melampaui jumlah kekayaan Co-Owner Alibaba, Jack Ma memiliki harta senilai USD22,8 miliar atau Rp343,06 triliun.

2. Michael Hartono
Tidak jauh berbeda dengan kakaknya, kekayaan Michael Hartono mencapai USD21,9 miliar atau Rp332,44 triliun.

3. Low Tuck Kwong
Di posisi ke-3, ada pengusaha batu bara keturunan Singapura yang bernama Low Tuck Kwong memiliki harta USD8,7 miliar atau Rp132,1 triliun. Sekalipun lahir di Singapura, ia telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak tahun 1992.

4. Anthony Salim
Orang terkaya berikutnya bos Salim Group yang memiliki kekayaan sebesar USD8,5 miliar atau Rp 129,06 triliun.

5. Sri Prakash Lohia
Konglomerat keturunan India ini harus turun ke posisi 4 setelah jumlah hartanya USD5,8 miliar atau Rp88 triliun tergeser. Ia diketahui merupakan pemilik Indorama Corporation sebuah perusahaan petrokimia dan tekstil.

6. Chairul Tanjung
Pemilik CT Corp ini diketahui memiliki kekayaan sebesar USD5,4 miliar atau Rp82 triliun. Selain dikenal pemilik media, Chairul Tanjung juga diketahui memiliki beberapa unit bisnis lain seperti bank, supermarket, taman bermain, serta hotel.

7. Prajogo Pangestu
Sebagai pemilik dari perusahaan Barito Pacific, Prajogo Pangestu yang memiliki harta kekayaan senilai USD5 miliar atau Rp75 triliun.

8. Susilo Wonowidjojo
Sebagai direktur dari perusahaan rokok kenamaan Indonesia, Gudang Garam beliau telah mengantongi pundi-pundi uang sebanyak USD4,8 miliar atau Rp72 triliun

9. Boenjamin Setiawan
Dikenal sebagai penemu dari perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, Kalbe Farma. Boenjamin tercatat memiliki kekayaan mencapai USD4,2 miliar atau Rp63 triliun.

10. Jogi Hendra Atmaja
Pria yang diketahui memiliki kekayaan USD4,1 miliar atau Rp62,1 triliun merupakan pemimpin dari Mayora Group, salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia. MG/Bijak Diaz Afianto

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)