Menteri Erick Thohir Sebut Manusia Lahir Sudah Korupsi, Nah Loh?

Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:58 WIB
loading...
Menteri Erick Thohir Sebut Manusia Lahir Sudah Korupsi, Nah Loh?
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai, tindakan korupsi menurutnya tidak bisa dihilangkan, tetapi harus diminimalisir. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ), Erick Thohir menilai, tindakan korupsi menurutnya tidak bisa dihilangkan, tetapi harus diminimalisir. Di dalam internal perusahaan pelat merah, Erick Thohir memiliki tiga cara untuk mengurangi praktik korupsi yakni dengan transparan, bisnis proses yang baik, dan digitalisasi.

"Yang namanya korupsi itu dari manusia lahir sudah korupsi memang, tinggal bagaimana kita menurunkan potensi korupsi itu dengan cara-cara transparan, bisnis proses yang baik, dan digitalisasi," ungkap Erick Thohir di Jakarta, Kamis (6/10/2022).



Dia memastikan Kementerian BUMN mendorong adanya transparansi bisnis proses perseroan negara. Salah satunya melalui konsolidasi laporan keuangan tahunan perusahaan.

"Kita sudah melakukan ini semua, tapi masih korup, nah bagaimana caranya? Ya bisnis proses. Kita sudah mendorong yang namanya transparansi bisnis proses," kata dia.



Erick meyakini bahwa transparansi bisnis proses melalui konsolidasi laporan keuangan tahunan akan membuat BUMN bisa menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik. Mantan bos Inter Milan itu juga menegaskan dirinya yang akan membawa petinggi BUMN ke Kejaksaan Agung (Kejagung), bila kedapatan melakukan tindakan pidana korupsi.

"Dan kita memprioritaskan bisnis proses yang transparan. Kalau ada yang korup jangan orang yang nangkap, biar saya saja yang nangkap. Saya bawa langsung kemarin Garuda ke kejaksaan, Jiwasraya ke kejaksaan, Asabri ke kejaksaan," tegasnya.

"Kita bawa jangan orang yang ngaduh, kita yang bawa sebagai Menteri. Supaya apa? Tercipta kultur, makanya saya bilang transformasi BUMN tidak mungkin terjadi tanpa transformasi kultur yaitu Akhlak, yang kita dorong sejak awal, dan bisnis proses, nah ini yang kita jaga," bebernya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)