Cara Erick Thohir Membuat RI Jadi Pemain Utama Global di Industri Syariah

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 14:49 WIB
loading...
Cara Erick Thohir Membuat RI Jadi Pemain Utama Global di Industri Syariah
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir menilai ekonomi syariah nasional mesti memainkan peran utama dalam pentas global. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) , Erick Thohir menilai ekonomi syariah nasional mesti memainkan peran utama dalam pentas global. Dia pun memastikan MES mengambil posisi penting untuk mendorong kemajuan ekonomi syariah di kanca internasional.



Erick Thohir mencatat MES terus mendorong kualitas produk halal yang memiliki standar tinggi. Pasalnya, MES menerapkan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang menjadikan MES sebagai satu-satunya organisasi ekonomi syariah tersertifikasi.

MES juga mengembangkan, sosialisasi, dan piloting proyek skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) berbasis syariah.

"Selain itu terlibat aktif dalam Indonesia International Halal Fair di Singapura bekerja sama dengan BI (Bank Indonesia), Insya Allah kita akan inisiasi juga di Arab Saudi," ujar Erick Thohir, Sabtu (8/10/2022).

Menurutnya peran santri sebagai salah satu pilar utama yang menentukan kesuksesan ekonomi syariah nasional. Oleh karenanya MES menggandeng pesantren sebagai mitra utama menggerakkan ekonomi syariah.

"Pemberdayaan ekonomi pesantren berbasis Pertashop kerja sama MES dengan Pertamina dan Bank Syariah Indonesia," katanya.



Di era digital ini, lanjut Erick, MES juga terus mendorong inklusi bisnis dan keuangan syariah yang kian maju dan profesional. Dia yakin dengan kolaborasi seluruh pihak mulai dari pemerintah, MES, pesantren, dan umat maka akselerasi ekonomi syariah akan kontribusi bagi kemajuan perekonomian nasional.

"Ekonomi syariah jadi salah satu pilar penting dalam perekonomian nasional. Umat bukan sekadar objek melainkan subjek dari perekonomian nasional," ucap dia.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)