China-Taiwan Memanas: Miliarder Teknologi Ini Bangun Kekuatan Tempur Sipil

Kamis, 13 Oktober 2022 - 12:01 WIB
loading...
China-Taiwan Memanas: Miliarder Teknologi Ini Bangun Kekuatan Tempur Sipil
Bersiap menghadapi serangan China, seorang miliarder teknologi bakal menggelontorkan dana USD32 juta untuk menciptakan tentara sipil. Foto/Dok BBC
A A A
TAIWAN - Seorang miliarder teknologi di Taipei menjanjikan bakal menggelontorkan dana 1 miliar dolar Taiwan atau setara USD32 juta atau setara Rp489 miliar (Kurs Rp15.301 per USD) untuk menciptakan tentara sipil . Mengenakan rompi antipeluru di atas kemeja bisnis, Robert Tsao menyatakan, dia ingin membantu rekan senegaranya dan wanita berperang melawan China .



Tujuannya adalah untuk melatih tiga juta 'prajurit' sipil atau sepertujuh dari populasi Taiwan dalam tiga tahun. Pekerja kantoran, pelajar, pemilik toko, orang tua semuanya bisa belajar menggunakan senjata dan dia menginginkan 300.000 orang menjadi penembak jitu.

Tugas itu sangat ambisius, yang diakui sendiri oleh pria berambut putih dan berkacamata itu. Tapi dia bersumpah hal itu bisa dilakukan.

Dia juga memamerkan kartu identitas Taiwan baru miliknya, sesuatu yang dia ajukan setelah meninggalkan paspor Singapura-nya. Dia tidak melarikan diri, katanya. Dan dia tidak takut.

"Saya pikir selama orang-orang berada di Taiwan, mereka akan bersedia membela negara mereka. Mereka tidak takut dengan agresi militer China," katanya kepada BBC.

Lahir di Cina tetapi dibesarkan di Taiwan, Tsao membangun perusahaan semikonduktor United Microelectronics Corp, yang menjadi sumber kekayaannya dalam industri yang sekarang dikenal secara global oleh pulau itu.

Sebagai seorang pengusaha, ia memiliki banyak urusan di China. Seorang mahasiswa sejarah yang penuh bersemangat, ia sangat lantang dan terkenal dalam debat kebijakan selama beberapa dekade. Pada tahun 2007 ia memperjuangkan gagasan referendum tentang penyatuan dengan daratan.



Tapi dia saat ini termasuk di antara semakin banyak orang Taiwan yang merasa mereka perlu mempersiapkan diri untuk kemungkinan invasi.

Xi Jinping akan memasuki masa jabatan ketiga sebagai pemimpin Partai Komunis Tiongkok (PKT) - sesuatu yang belum pernah terjadi sejak pemerintahan pemimpin era Komunis pertama Mao Zedong. Mencapai apa yang disebut Xi sebagai "penyatuan kembali" dengan Taiwan akan menyegel warisannya.

Dalam melanjutkan dekade kekuasaannya, kita telah melihat modernisasi besar-besaran dan perluasan kemampuan militer China. Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) telah meningkatkan aktivitas di sekitar Selat Taiwan, sepanjang 160 km (100 mil) antara pulau dan daratan.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4187 seconds (0.1#10.140)