Jalur Commuterline Rangkasbitung Punya Oase Penumpang Baru

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 22:00 WIB
loading...
Jalur Commuterline Rangkasbitung Punya Oase Penumpang Baru
Penumpang commuterline jalur Rangkasbitung akan bertambah dengan adanya Stasiun Ekstensi Tigaraksa. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan memprediksi, jumlah penumpan kereta commuterline akan mengalami peningkatan setelah adanya pembangunan Stasiun Extensi Tigaraksa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Stasiun yang mengusung konsep transit oriented development (TOD) itu nantinya akan menghubungkan kawasan pemukiman PT Agung Podomoro Land dengan Stasiun KRL Tigaraksa.

Baca juga: Terobos Perlintasan, Warga Bojong Gede Tewas Keserempet KRL Commuter Line

Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi mengatakan, peningkatan jumlah penumpang nantinya juga dipengaruhi karena adanya pengembangan Stasiun Rangkasbitung untuk meningkatkan mobilitas di daerah Banten. Stasiun Tigaraksa merupakan stasiun yang berada di jalur KRL tujuan Rangkasbitung.

"Jelas pasti (akan berpengaruh terhadap peningkatan penumpang). Kita juga kan sedang melakukan peningkatan Stasiun Rangkasbitung dan pasti potensi penumpang kereta akan meningkat," Zulmafendi kepada wartawan di Kabupaten Bogor, Sabtu (15/10/2022).

Zulmafendi menerangkan, pembangunan Stasiun Extensi Tigaraksa bertujuan untuk memberikan kemudahan akses yang lebih mudah bagi masyarakat sekitar untuk bermobilitas.

Sementara, peningkatan aksesibilitas dari dan menuju Kota Podomoro Tenjo akan didukung dengan adanyan Flyover Tenjo sepanjang 270 m. Flyover tersebut akan menghubungkan Tol Serpong–Balaraja (Gerbang Tol Cileles) ke kawasan transit berorientasi Transit Oriented Development (TOD) di Kota Podomoro Tenjo, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2022: Jorge Martin Rebut Pole Position, Marc Marquez Mengekor

"Salah satu fungsinya untuk memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat trutama masyarakat di sekitar sini," katanya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1890 seconds (11.252#12.26)