Kreatif dan Produktif dengan Konten Berfaedah, Bukan Asal Viral

Selasa, 18 Oktober 2022 - 22:12 WIB
loading...
Kreatif dan Produktif dengan Konten Berfaedah, Bukan Asal Viral
Banyak orang berlomba membuat atau mengunggah konten yang diharapkan bisa menjadi viral di medsos. Foto/pexels/ron iach
A A A
JAKARTA - Internet dan media sosial (medsos) saat ini banyak dimanfaatkan sebagai lahan basah untuk meraup cuan. Tak heran jika profesi kekinian seperti keator konten dan pemengaruh (influencer) hingga Youtuber dan selebgram pun banyak diminati.

Popularitas dan banyaknya pengikut menjadi salah satu acuan untuk bisa mendulang uang dari aktivitas di dunia maya.

Tak heran, banyak orang berlomba membuat atau mengunggah konten yang diharapkan bisa menjadi viral di medsos. Sayangnya, terkadang cara-cara yang ditempuh kurang elok bahkan cenderung negatif.

Padahal, alangkah lebih baik jika yang dibagikan adalah konten positif yang bermanfaat atau menginspirasi, syukur-syukur bisa viral.



Dalam webinar bertema “Anti Sensasi: Jadilah Viral di Ruang Digital Karena Prestasi!” di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/10), Penulis sekaligus Entrepreneur Dian Ikha Pramayanti memaparkan sejumlah formula viral tanpa harus mengedepankan sensasi semata.

Dia membeberkan kepanjangan dari VIRAL, yakni Visibility atau pemilihan platform dan jenis konten yang tepat; Ingenuity atau konten yang cerdik; Relate atau mewakili kondisi pengikut (follower); Adaptable atau mudah dipastikan atau ditiru; serta Luck atau keberuntungan, ikhtisar, dan konsisten membagikan konten.

“Ada banyak contoh sesuatu yang positif bisa viral dan disukai banyak orang,” ujarnya dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, dikutip Selasa (18/10/2022).

baca juga: Viral! Pesawat Tiba-tiba Berhenti Bergerak di Langit Australia

Dia menyontohkan akun TikTok @vmuliana yang rajin membagikan konten tentang edukasi dan tips berkarir. Ada pula akun @ananzaprili yang membagikan konten bertema psikologi. “Jadi, banyak cara untuk viral tanpa sensasi,” tandas Dian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1852 seconds (11.210#12.26)