Ternyata Ini Alasan Kopi Kenangan Buka Gerai di Malaysia

Rabu, 19 Oktober 2022 - 21:45 WIB
loading...
Ternyata Ini Alasan Kopi Kenangan Buka Gerai di Malaysia
Pembukaan gerai pertama Kenangan Coffee di Malaysia, Senin (17/10/2022). Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kopi Kenangan, jaringan F&B non-waralaba berkonsep New Retail dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia baru-baru ini meresmikan pembukaan gerai pertamanya di luar negeri, tepatnya di Suria KLCC, Malaysia, Senin (17/10).

Beroperasi sejak 2017, gerai kopi kekinian dengan model bisnis grab-and-go ini diketahui telah memiliki lebih dari 800 gerai di 45 kota di Indonesia. Sebanyak 30 juta cangkir kopi berhasil terjual habis pada tahun 2020 lalu.

Ide Kopi Kenangan diusung oleh para pendirinya dengan misi menyebarkan kecintaan mereka terhadap kopi Indonesia untuk disebarkan sebagai merek lokal ke seluruh dunia.

Setelah tertunda akibat pandemi Covid-19, akhirnya pada tahun ini Kopi Kenangan melebarkan sayapnya untuk go-internasional dengan terlebih dulu menembus pasar regional.

Pembukaan gerai pertama di Malaysia yang dinamai Kenangan Coffee menjadi langkah awal dalam menjalankan misi ekspansi global.



CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata membeberkan alasan memilih Malaysia sebagai negara tujuan ekspansi global pertama. Berikut ini tiga alasan utamanya, dikutip SINDOnews dari siaran pers, Rabu (19/10/2022):

1. Kecintaan orang Malaysia terhadap makanan, perkembangan budaya kopi yang stabil, terutama untuk model bisnis grab-and-go, dan banyak kesamaan yang dimiliki orang Malaysia dengan orang Indonesia dalam hal cita rasa dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru.

2. Proyeksi sektor F&B di Malaysia juga menjanjikan karena saat ini Malaysia sedang bertransformasi dalam menerapkan ekonomi digital berpenghasilan tinggi dengan fokus utama pada digitalisasi yang juga sejalan dengan konsep bisnis kami.

“Kami ingin menerapkan kesuksesan model bisnis kopi grab-and-go yang diterapkan Kopi Kenangan di Indonesia ke pasar luar negeri, yang dimulai dengan Malaysia,” kata Edward.

3. Untuk mengenalkan cita rasa lokal kopi Indonesia yang berkualitas dengan harga terjangkau dan dapat diakses semua orang. “Kami sangat senang bisa berbagi cita rasa kopi Indonesia dengan orang Malaysia,” tukas Edward.



Sementara itu, Chief Business Development dan Co-Founder Kopi Kenangan James Prananto menyatakan, pihaknya menggunakan Kenangan Coffee sebagai nama merek internasional yang digunakan di luar Indonesia.

“Cita-cita kami adalah menjadi merek kopi yang paling dicintai konsumen di Asia Tenggara, dan Malaysia akan menjadi langkah awal kami dalam mencapai misi Kopi Kenangan tersebut,” paparnya.

Cabang pertama di Malaysia ini mulai akan menjual kopi dengan menu andalannya yaitu Kenangan Latte yang diadaptasi dari menu andalan Kopi Kenangan di Indonesia yaitu Kopi Kenangan Mantan dan Avocado Coffee serta beragam kopi lainnya. Adapun harga per cangkir dibanderol mulai dari 5,90 ringgit.



Menurut Edward, pada kuartal pertama 2023 mendatang Kopi Kenangan berencana membuka 10 gerai di Malaysia di mana empat di antaranya sedang dalam tahap pembangunan dan akan dibuka hingga penghujung tahun 2022 ini. Keempat gerai tersebut berlokasi di My Town Cheras, Pavilion KL, NU Sentral Kl dan Sunway Pyramid.

Tak hanya itu, Kenangan Coffee juga meluncurkan Kenangan Academy di Uptown, PJ, untuk menyediakan berbagai program pelatihan yang diperuntukkan bagi para barista dan karyawan, dengan tujuan menjadi pusat pelatihan profesional di bidang F&B terbaik di Malaysia.

Hingga kini prestasi yang berhasil diraih oleh Kopi Kenangan ialah menjadi perusahaan Asia Tenggara pertama yang berhasil meraih status unicorn pada kategori F&B pada Desember 2021 lalu.

Kopi Kenangan memperoleh predikat unicorn usai diguyur pendanaan Seri C senilai USD96 juta (sekitar Rp1,3 triliun) pada Januari 2022.

Sehingga, total pendanaan yang berhasil dihimpun brand ini sejak pertama didirikan mencapai USD240 juta (sekitar Rp3,4 triliun).

Selain itu, Kopi Kenangan juga berhasil meraih penghargaan “The Best Halal Assurance System Implementation” untuk kategori restoran di acara LPPOM MUI Halal Award 2022.
(MG/Ni Made Susilawati)
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)