Jokowi Ungkap Penentu Waktu Pelarangan Ekspor Timah Mentah

Kamis, 20 Oktober 2022 - 15:10 WIB
loading...
Jokowi Ungkap Penentu Waktu Pelarangan Ekspor Timah Mentah
Waktu pelarangan ekspor timah mentah tergantung kesiapan smelter yang ada. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) masih belum dapat memastikan kapan penerapan larangan ekspor timah mentah akan diberlakukan. Jokowi hanya mengatakan bahwa pemerintah masih mematangkan kesiapan jelang penerapan kebijakan tersebut agar tidak ada pihak yang dirugikan.



"Tetapi kita belum berhitung kapan akan kita setop untuk ekspor bahan mentah timah. Perlu kita hitung, sehingga nanti semuanya akan berjalan dengan baik, tidak ada yang dirugikan," kata Jokowi saat meninjau pembangunan Top Submerged Lance (TSL) Ausmelt PT Timah Tbk di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (20/10/2022).

Jokowi menambahkan, proses kalkulasi bisa selesai pada 2022 atau 2023 mendatang. Hal itu bergantung dengan kesiapan smelter baik milik BUMN maupun pihak swasta.

"Kalau hitungannya matang kita ketemu, baru akan kita beritahukan. Misalnya setop tahun depan atau setop tahun ini bisa terjadi. Jadi saya kira kesiapan smelter terbaik milik BUMN dan swasta mesti dikalkulasi semuanya," tutur Jokowi.



Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menegaskan, rencana larangan ekspor komoditas tambang timah mentah akan berlaku mulai 2023. Namun, Arifin menjelaskan pihaknya masih mengevaluasi rencana tersebut.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)