Teken Kontrak Dagang Rp2,72 Triliun, Pengusaha Malaysia Beli Mamin hingga Motor Listrik Buatan RI

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:21 WIB
loading...
Teken Kontrak Dagang Rp2,72 Triliun, Pengusaha Malaysia Beli Mamin hingga Motor Listrik Buatan RI
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Foto/MPI/Advenia Elisabeth
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memasilitasi penandatanganan 24 nota kesepahaman (MoU) dan Single Purchasing Statement antara pelaku usaha Indonesia dengan mitra dagang dari Malaysia senilai USD175,9 juta atau setara Rp2,72 triliun.

Penandatanganan yang dilakukan di sela acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 ini meliputi komoditas makanan dan minuman (mamin), teh, minuman herbal, tepung bumbu, santan kelapa, tepung kelapa (dessicated coconut), dan sepeda motor listrik.

“Saya telah menyaksikan penandatanganan MoU antara Indonesia-Malaysia. Saya mengapresiasi perwakilan Indonesia di Malaysia dan para pelaku usaha yang telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ekspor dan promosi produk Indonesia ke Malaysia," kata Menteri Perdagangan (mendag) Zulkifli Hasan di arena Trade Expo Indonesia (TEI), ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/10/2022).

Menurut dia, kontrak dagang hari ini menunjukkan kinerja perdagangan Indonesia dan Malaysia yang terus meningkat setelah pandemi Covid-19.



Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi menambahkan, peningkatan nilai total perdagangan nonmigas Indonesia dan Malaysia menunjukkan bahwa di tengah kondisi ekonomi global yang kurang begitu baik, permintaan produk dari kedua negara masih cukup tinggi.

Hal ini ditunjang pula oleh kondisi ekonomi kedua negara yang masih cukup terjaga. Selain itu, kedekatan geografis dan kemiripan demografis juga menjadi salah satu faktor penunjang.

“Berbagai kesamaan menjadi penunjang kinerja ekspor Indonesia ke Malaysia. Karakteristik dan budaya warga kedua negara yang serumpun serta lokasi yang bertetangga ini memberikan efek langsung terhadap meningkatnya permintaan berbagai produk khususnya dari Indonesia,” tuturnya.

Didi pun berharap kondisi ini terus berkembang sehingga kinerja perdagangan bisa terus meningkat. Sementara itu, Atase Perdagangan RI di Kuala Lumpur Deden Muhammad F S menerangkan, pada Januari-Agustus 2022 Indonesia mencatatkan surplus perdagangan non migas dengan Malaysia sebesar USD5,36 miliar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5173 seconds (0.1#10.140)