Tingkatkan Asupan Pangan, Ganjar Milenial Center Banten Dirikan Rumah Gizi dan Stunting

Minggu, 23 Oktober 2022 - 15:30 WIB
loading...
Tingkatkan Asupan Pangan, Ganjar Milenial Center Banten Dirikan Rumah Gizi dan Stunting
Ganjar Melenial Center Banten mendirikan Rumah Gizi dan Stunting untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa Padasuka, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten. FOTO/dok.Istimewa
A A A
BANTEN - Selama pandemi, tantangan muncul, antara lain, akibat adanya pembatasan pergerakan barang dan jasa, baik tingkat lokal, regional, maupun global. Jalur logistik dan sistem distribusi pangan pun terdampak sangat serius. Sejumlah isu tersebut menjadi perhatian, termasuk ketahanan pangan, asupan pangan dan gizi.

Merespons hal itu, Relawan muda pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center Banten, membuat program Rumah Gizi dan Stunting untuk perbaikan gizi dan pencegahan stunting pada anak sejak dini.

Koordinator Wilayah Ganjar Milenial Center Banten, Cucu Komarudin mengatakan, rumah yang berlokasi di Desa Padasuka, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak itu sengaja dijadikan semacam pos untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat, khususnya untuk menekan angka stunting di Banten yang tahun ini mencapai 37.787 kasus.

"Kegiatan kami hari ini fokus perbaikan gizi dan penurunan stunting di Kabupaten Lebak. Artinya gizi buruk di sini banyak sekali maka dengan adanya kegiatan ini kami berharap gizi buruk yang statusnya tinggi, bisa turun artinya balita-balita di wilayah Banten ini bisa tumbuh sehat," ujar Cucu, Minggu (23/10/2022).

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Jatim Gelar Doa Bersama untuk Indonesia

Dia menjelaskan, Rumah Gizi dan Stunting juga akan dibangun dalam tujuh tahap selama kurun waktu 1 tahun di seluruh kabupaten dan kota se-Banten. Ia terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang terus menggencarkan penurunan angka stunting dengan banyak cara, seperti program Rumah Anak SIGAP dan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng yang berhasil dalam pelaksanaannya.

Tak hanya itu, Cucu menyebutkan, program Rumah Gizi dan Stunting Ganjar Milenial Center Banten juga akan terus berkelanjutan untuk membantu masyarakat, sejalan dengan visi dan misi Ganjar Milenial Center yang akan terus mendukung Ganjar Pranowo dalam pemilu Presiden pada 2024 mendatang.

"Program ini akan berkelanjutan sampai Ayah Ganjar menjadi Presiden Republik Indonesia karena ini bagian dari komitmen kami sebagai relawan Ayah Ganjar untuk mengangkat derajat ibu-ibu dan anak-anak usia dini yang mengalami gizi buruk," katanya.

Tingkatkan Asupan Pangan, Ganjar Milenial Center Banten Dirikan Rumah Gizi dan Stunting

Pada kesempatan tersebut, tak kurang dari 700 ibu yang hadir ke Rumah Gizi dan Stunting untuk memeriksakan anak mereka ke tenaga kesehatan yang telah bekerja sama dengan Ganjar Milenial Center Banten.

Salah satu warga Desa Padasuka, Siti Kadijah mengungkapkan, Rumah Gizi dan Stunting yang digagas Ganjar Milenial Center Banten itu sangat bermanfaat untuk masyarakat. Terlebih, lokasi desa mereka yang terbilang jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2353 seconds (10.101#12.26)