Keren! Anak Buah Sri Mulyani Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia, Ini Profilnya

Selasa, 25 Oktober 2022 - 18:09 WIB
loading...
Keren! Anak Buah Sri Mulyani Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia, Ini Profilnya
Profil Direktur Eksekutif Bank Dunia Wempi Saputra. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Staf Ahli Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Wempi Saputra terpilih sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia (World Bank). Informasi tersebut telah beredar di sejumlah kalangan, baik di lingkup Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga eksternal.

Kabar tersebut kemudian terkonfirmasi salah satu pejabat Kemenkeu. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu menuliskan ucapan selamat bagi Wempi melalui akun Instagram resminya. Febrio menyebut bahwa Wempi terpilih menjadi Direktur Eksekutif Bank Dunia.

"Ucapan selamat saya tujukan pada Pak Wempi Saputra dengan jabatan barunya sebagai Executive Director World Bank. Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Menkeu ini tak diragukan lagi kemampuannya," ungkap Febrio, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga: Alasan Mengapa Kota Philadelphia Disebut Menjadi Kota Zombie

Posisi Senior Advisor adalah Dalyono yang juga akan berkantor di Washington DC. Febrio menyebut bahwa Dalyono telah lama mengabdi di Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

"Pengalaman keduanya selama di Kemenkeu memegang isu kerjasama keuangan internasional termasuk saat memimpin proses Presidensi G20 Indonesia akan sangat dibutuhkan di posisi baru. Saya harap dua perwakilan Kemenkeu ini bisa menjembatani kepentingan Indonesia dan World Bank demi kesejahteraan bangsa," pungkas Febrio.

Profil Wempi Saputra

Wempi Saputra, pria kelahiran Palembang, 12 Maret 1972 bergabung di Kemenkeu melalui jalur penerimaan Politeknik Keuangan Negara STAN (1992 - 1995). Ia Menyelesaikan pendidikan Diploma melalui jalur beasiswa yang kemudian melanjutkan Sarjana (S1) di Universitas Indonesia (UI) dari ExxonMobil (1996 - 1999).

Tak berhenti di situ, pendidikan master ditempuh di National Graduate Institute for Policy Studies di Jepang (2002 -2003) dan melanjutkan program doktor ke Universitas Nagoya. Wempi di negara tersebut belajar pendidikan keuangan publik.

Baca Juga: Viral, Kisah Gadis Amerika Jadi Pelakor bagi Ibunya Sendiri

Karir Wempi mulai terlihat di Kemenkeu setelah menjabat Kepala Kantor Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Priok. Setelahnya, jabatan Wempi terus mendaki dengan menjadi Kepala Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan (Pushaka) - Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan hingga menjadi staf ahli Menteri Keuangan sejak Oktober 2021. Wempi kini mengikuti jejak Sri Mulyani yang pernah menjabat Direktur Eksekutif Bank Dunia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2829 seconds (11.210#12.26)