Transformasi Digital Didorong untuk Optimalkan Potensi 6 Sektor Strategis

Rabu, 26 Oktober 2022 - 10:13 WIB
loading...
Transformasi Digital Didorong untuk Optimalkan Potensi 6 Sektor Strategis
Acara Insight Sharing Session dibuka oleh Wijayanto selaku Ketua Tim Transformasi Digital Pertanian Maritim dan Logistik, mewakili I Nyoman Adhiarna selalu Direktur Ekonomi Digital bersama Kearney, sebuah perusahaan konsultansi manajemen global. Foto/Isti
A A A
MAKASSAR - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo ) terus berupaya membangun fundamental digital nasional secara lebih terstruktur dan masif. Dimana salah satu tujuan strategis pemerintah adalah mendorong percepatan transformasi digital . Hal itu sejalan dengan Visi Indonesia 2045 dan Rencana Strategis Kemenkominfo 2020-2024.

Nah, salah satu upaya Direktorat Ekonomi Digital Kemenkominfo untuk merealisasikan tujuan strategis tersebut adalah menginisiasi beberapa program akselerasi transformasi digital di setidaknya enam sektor strategis. Di antaranya yakni pertanian, maritim, logistik, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.



Dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator dan akselerator transformasi digital , Direktorat Ekonomi Digital Kemenkominfo mengadakan acara Insight Sharing Session: Transformasi Digital di 6 Sektor Strategis. Kegiatan itu turut dihadiri oleh pemangku kepentingan ekosistem digital Indonesia termasuk Kementerian/Lembaga/Dinas, baik dari tingkat pusat maupun daerah.

Acara Insight Sharing Session dibuka oleh Wijayanto selaku Ketua Tim Transformasi Digital Pertanian Maritim dan Logistik, mewakili I Nyoman Adhiarna selalu Direktur Ekonomi Digital bersama Kearney, sebuah perusahaan konsultansi manajemen global.

Dalam pelaksanaannya, acara ini dibagi dalam beberapa sesi diskusi yang dipandu oleh tenaga ahli dan praktisi terkemuka dalam sektor terkait. Kegiatan ini juga melibatkan kolaborasi dengan sejumlah start-up di bidang pertanian, maritim, logistik, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

Topik yang didiskusikan dalam acara Insight Sharing Session meliputi (i) diskusi mengenai tantangan utama di setiap sektor, dan (ii) diskusi tentang bagaimana pengadopsian teknologi digital dapat membantu mengatasi tantangan-tantangan utama.

Selanjutnya, (iii) pengenalan tentang berbagai teknologi/contoh pemakaian solusi digital (use-case) tiap sektor dan (iv) diskusi mengenai prioritas digitalisasi masing-masing sektor.

Dengan mengedepankan model kolaborasi dan kerja sama yang erat, Kemenkominfo mengharapkan terciptanya ekosistem ekonomi digital Indonesia yang inklusif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun sebagai sebuah rangkaian, Insight Sharing Session zona timur telah dihadiri oleh perwakilan dari berbagai pihak dan pemangku kepentingan. Acara ini adalah refleksi terhadap besarnya harapan bagi masa depan digital Indonesia dan merupakan simbol komitmen pemerintah untuk mewujudkan potensi digital Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0841 seconds (0.1#10.140)