Luhut Sebut Persiapan G20 di Bali Sudah 95 Persen

Kamis, 27 Oktober 2022 - 08:59 WIB
loading...
Luhut Sebut Persiapan G20 di Bali Sudah 95 Persen
Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, persiapan penyelenggaraan G20 sudah mencapai 95%. Ia berharap agar pagelaran G20 ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi masyarakat Bali, Indonesia, maupun dunia. Foto/Dok
A A A
DENPASAR - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, persiapan penyelenggaraan G20 sudah mencapai 95 persen. Menko Luhut berharap agar pagelaran G20 ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi masyarakat Bali, Indonesia, maupun dunia.

“Persiapan sudah 95 persen. Baik di GWK, jalan-jalan, Tahura, maupun venue di Apurva sudah siap. Malam ini oleh Bapak Gubernur Bali dibuat acara doa bersama. Ada 1.200 pemangku adat dan ada 1.493 desa adat seluruh Bali yang hadir. Ya kira-kira 150.000 yang berdoa bersama malam ini untuk kesuksesan G20 dan juga untuk kejayaan Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/10/2022).



“Semoga doa bersama kita pada malam hari ini menjadi momentum meminta kepada Tuhan yang Maha Esa dan seluruh alam semesta agar mendukung segala usaha dan upaya kita. Supaya seluruh kegiatan KTT G20 Indonesia tahun 2022 dapat berlangsung dengan sukses, aman, dan lancar,” sambungnya.

Adapun Luhut beserta rombongan juga kembali meninjau persiapan konferensi tingkat internasional tersebut. Peninjauan dilakukan untuk melihat perkembangan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Kura-Kura Bali, dan The Apurva Kempinski Bali.

Dalam hal penanganan sampah, Pemerintah juga terus mengoptimalkan pengelolaan sampah, khususnya di Provinsi Bali. Adapun beberapa TPST yang menjadi fokus pemerintah, yakni TPSP Kesiman Kertalangu, TPST Tahura, dan TPST Padang Sambian. Pada kunjungan lapangan kali ini, Menko Luhut beserta rombongan meninjau salah satunya, yaitu TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar.



Selain itu, GWK Cultural Park juga akan menjadi salah satu tempat pagelaran Presidensi G20. Nantinya, GWK akan menjadi tempat jamuan utama makan malam untuk Presiden Joko Widodo beserta para kepala negara KTT G20. Terdapat tiga fokus yang dibenahi, yaitu penataan gerbang, akses jalan, dan perbaikan fasilitas utama.

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo beserta kepala negara G20 akan bertemu dalam puncak KTT G20 di The Apurva Kempinski. Nantinya, ballroom hotel ini akan digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Beberapa waktu lalu, Menko Luhut beserta rombongan juga telah melakukan simulasi yang dilakukan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju The Apurva Kempinski guna mengevaluasi persiapan alur pergerakan delegasi saat KTT nanti.

Adapun beberapa lokasi utama yang akan menjadi bagian Presidensi G20 , yaitu The Apurva Kempinski Bali sebagai venue utama KTT G20, GWK Cultural Park, Tahura Ngurah Rai, dan Hotel Sofitel Nusa Dua Bali.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)