Ganjar Tanam 1.000 Bibit Pohon, Jaga Pesona Wisata Bukit Serut Singonegoro

Kamis, 27 Oktober 2022 - 10:30 WIB
loading...
Ganjar Tanam 1.000 Bibit Pohon, Jaga Pesona Wisata Bukit Serut Singonegoro
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo secara simbolis menanam bibit pohon kantil menjaga pesonan wisata Bukit Serut Singonegoro, di Blora, Jawa Tengah. FOTO/dok.Istimews
A A A
BLORA - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menanam bibit pohon di lahan gersang untuk menjaga pesona wisata alam Bukit Serut Singonegoro, di Blora, Jawa Tengah. Ganjar bersama mahasiswa, kelompok masyarakat, dan kelompok tani menanam 1.000 bibit pohon kenang, kantil, pule, serut, garu, alpukat, hingga cemara.

"Mumpung hujannya lagi banyak, ayo kita tanamkan sebanyak-banyaknya juga. Maka ini bisa menjadi tempat pariwisata yang bagus," kata Ganjar di lokasi, Rabu (26/10/2022).



Ganjar mengatakan, lahan gersang tersebut masih bisa ditanami sejumlah bibit pohon yang lain seperti tanaman buah.
"Di area yang masih relatif gersang seperti ini, momentum musim hujannya betul-betul dipakai untuk menanam sebanyak-banyaknya. Tadi ada usulan Pak Bupati (Blora) umpama, tanaman buah dan pohon-pohon yang orang-orang nggak mau nebang," jelasnya.

Ganjar pun meminta pengelola wisata Bukit Serut untuk menata kawasan tersebut menjadi lebih indah. Mantan anggota DPR RI itu juga mendorong adanya keterlibatan perguruan tinggi untuk membantu pengembangan wisata Bukit Serut.

"Maka kalau ini bisa di-manage dengan baik, tadi saya lanskapnya ditata yang bagus sehingga indah. Kalau perlu ngundang perguruan tinggi, sehingga kalau nanti mau dikembangkan, orang datang ke sini betul-betul bagus," terangnya.

Ganjar Tanam 1.000 Bibit Pohon, Jaga Pesona Wisata Bukit Serut Singonegoro

Ganjar berpesan kepada pengelola wisata dan para pelancong untuk menjaga kebersihan Bukit Serut yang sudah ditanami bibit pohon. Ganjar berharap, kebersihan yang ada di kawasan ini tetap terjaga. "Yang kedua saya sampaikan agar sampahnya dikelola dengan baik, jangan sampai kotor. Jadi buat aturan dari bawah, dari sini disiapkan pengelolaannya, sehingga nanti bisa bagus," kata Ganjar.

Bukit Serut yang ditanami pohon merupakan lahan milik perhutani yang dikerjasamakan dengan masyarakat. Saat ini, masyarakat setempat memanfaatkan lahan ini sebagai tempat pariwisata. "Ini kebaikan hati dari Perhutani bisa dikelola oleh masyarakat dan dipakai untuk pariwisata," kata Ganjar.



Tak hanya itu, Ganjar juga gencar melakukan penanaman pohon komoditas di lahan tak produktif. Salah satunya penenaman bibit jagung di lahan 10 hekatare milik Kodam IV/Diponegoro di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jateng, pada 28 September lalu.

"Saya sampaikan terima kasih pada Kodam IV/Diponegoro beserta jajarannya karena dalam konteks ketahanan pangan mereka cukup serius. Lahan-lahan yang dimiliki Kodam sekarang ditanami jagung," tutur Ganjar Pranowo.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2408 seconds (0.1#10.140)