Saatnya Cari Cuan Sambil Nikmati Konten Video Hiburan

Senin, 31 Oktober 2022 - 21:42 WIB
loading...
Saatnya Cari Cuan Sambil Nikmati Konten Video Hiburan
TikTok kini menyediakan fitur untuk kegiatan jual beli. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - TikTok Shop baru saja mengumumkan fitur terbarunya, yakni TikTok Shop Shopping Center di Indonesia. Fitur ini mempermudah pengguna untuk melakukan kegiatan jual beli, sambil tetap menikmati konten video yang menghibur.

Baca juga: Kolaborasi Jerry Piko dan Demian di TikTok For You Stage Sukses Hipnotis Penonton, Kok Bisa?

Fitur baru itu mengacu pada konsep Shoppertainment yang mengutamakan hiburan, sebelum mengajak pengguna untuk membeli produk di platform TikTok Shop.

"Dengan TikTok Shop Shopping Center, pengguna bisa melihat pesanan, etalase barang yang dijual, riwayat belanja, berkomunikasi dengan penjual, mengatur alamat pengiriman, hingga proses pembayaran, semua dalam tab yang sama," ungkap manajemen, Senin (31/10/2022).

Fitur ini memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mulus dan menyenangkan, yang mempersingkat alur belanja konsumen, membantu bisnis untuk berkembang, menginspirasi kreativitas, dan memaksimalkan kekuatan branding. Kategori dan pilihan produk yang dijual di TikTok Shop Shopping Center juga sangat beragam, mulai dari peralatan kecantikan, pakaian wanita, makanan, hingga alat elektronik.

Data TikTok Shop menunjukkan performa beberapa kategori brand meningkat dengan kontribusi dari TikTok Shop Shopping Center. Periode minggu pertama Oktober 2022, pada kategori FMCG, salah satu merchant yang meraih penjualan tinggi adalah Nagoya Mart, yang mengalami peningkatan GMV sejak 3-10 Oktober mencapai 209,7% dengan kontribusi TikTok Shop Shopping Center sebesar 59,2%.

Selain itu, dari kategori elektronik, merchant dengan penjualan tertinggi diraih oleh Royalstoregadget dengan peningkatan GMV sebesar 797%, dengan kontribusi Shopping Center sebesar 21,1%.

Manajemen juga mencatat ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pengguna yang ingin berjualan lewat Shopping Center ini, seperti konsistensi dalam mengunggah video pendek dengan audio dan gambar yang menarik.

Ada juga metodologi yang dilakukan oleh semua brand dan merchant yang performanya paling cemerlang, yaitu memberikan harga yang bersaing dan meningkatkan ragam produk. Misalnya penjual grosir dapat mendorong dan merekomendasikan lebih banyak produk yang dibutuhkan pengguna, seperti minyak goreng, bumbu, minuman bubuk dan produk susu yang paling laris.

Baca juga: Polri Resmi Pecat Hendra Kurniawan

"Hal ini telah dipraktikkan oleh beberapa brand yang sudah bergabung di TikTok Shop Shopping Center seperti Bedola88, yang menjual rak penyimpanan dengan kualitas tinggi tetapi harganya masih terjangkau," lanjut manajemen.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2042 seconds (11.97#12.26)