Kembangkan Industri Alutsista, Jokowi Tekankan Adopsi Teknologi Baru

Rabu, 02 November 2022 - 19:18 WIB
loading...
Kembangkan Industri Alutsista, Jokowi Tekankan Adopsi Teknologi Baru
Industri pertahanan nasional mulai berkembang dengan baik. Foto/Dok SINDOnews/Fazjri Abdillah
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah membuka pintu dan terus memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pihak swasta untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri.

Kepala Negara menilai industri pertahanan nasional mulai berkembang dengan baik. Oleh karena itu, tak hanya BUMN, swasta pun ambil bagian dalam mendorong kemajuan bisnis alat utama sistem senjata (alutsista) tersebut.

“Perkembangannya sangat bagus sekali karena itu sekarang kita memberikan ruang yang besar kepada swasta untuk ikut membangun industri pertahanan Indonesia, entah itu sendiri, entah kerja sama dengan industri pertahanan dari luar negeri. Saya kira ini sebuah perkembangan yang sangat baik,” ujarnya saat meninjau Pameran Indo Defence 2022 Expo & Forum di Jakarta, Rabu (2/11/2022).



Jokowi juga menekankan pentingnya mengikuti perkembangan sektor pertahanan global, termasuk melonjaknya anggaran pertahanan di negara anggota NATO, Timur Tengah, dan Asia Timur, serta kemunculan teknologi-teknologi militer terbaru.

“Yang paling penting kita bisa mengadopsi sebanyak mungkin teknologi-teknologi baru di bidang pertahanan militer, yang paling penting itu,” tandas Jokowi.

Selain itu, presiden juga menekankan perlunya kerja sama global guna pengembangan industri pertahanan di Tanah Air, salah satunya untuk dapat melakukan transfer teknologi militer terbaru.

“Saya senang tadi, sudah disampaikan oleh Direktur Utama Defend ID bahwa mereka menargetkan untuk segera bisa masuk ke 50 perusahaan pertahanan kelas dunia. Tentu saja dengan produk-produk yang kita miliki sekarang harus dikembangkan sebaik mungkin,” tandas Jokowi.

Presiden juga mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Indo Defence 2022 Expo & Forum yang dinilainya bermanfaat untuk mempromosikan alutsista buatan dalam negeri.

“Ini saya melihat bagus untuk promosi, juga utamanya produk peralatan pertahanan dan keamanan,” pungkas mantan Gubernur DKI itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)