6 Uang Kuno Termahal di Dunia, Harganya bisa Bikin Kaya Mendadak!

Kamis, 03 November 2022 - 18:29 WIB
loading...
6 Uang Kuno Termahal di Dunia, Harganya bisa Bikin Kaya Mendadak!
Sejumlah uang kuno pernah tercatat sebagai yang termahal di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah uang kuno pernah tercatat sebagai yang termahal di dunia. Bukan tanpa alasan, hal ini didasarkan pada keberadaannya yang sudah langka. Sehingga banyak kolektor yang mencarinya.

Dalam hal ini seorang kolektor tak akan tanggung-tanggung untuk membayar mahal demi uang kuno tersebut. Terlebih, apabila uang itu memiliki desain menarik ataupun sejarah yang berharga.

Baca juga : Demi Miliki Uang Kuno Langka, Kolektor Ini Habiskan Miliaran Rupiah

Berikut enam uang kuno termahal di dunia yang harganya bisa bikin kaya mendadak.

1. Flowing Hair Silver Dollar

Flowing Hair Silver Dollar berada di urutan teratas dalam daftar ini. Dikutip dari laman Bankrate, koin ini muncul pada tahun 1974. Sebagian ahli menyebutnya sebagai dolar perak pertama yang dicetak US Mint.

Pada karakteristiknya, bagian depan uang kuno ini menampilkan Lady Liberty dengan rambut tergerai. Sementara di bagian belakang memiliki gambar elang Amerika.

Tercatat, sekitar 1.800 koin ini pernah diproduksi dan seorang ahli menyebut keberadaannya kini hanya tersisa antara 120 sampai 130 saja. Sehingga bisa disebut sebagai uang kuno langka.

Untuk harganya sendiri, pada tahun 2013 Flowing Hair Silver Dollar dilelang dengan harga lebih dari USD10 Juta atau sekitar Rp157 Miliar (kurs 15.706 per USD).

2. Brasher Doubloon

Brasher Doubloon dirancang oleh seorang pandai emas dan perak di New York City yang bernama Ephraim Brasher, tepatnya pada abad ke-18. Dalam tampilannya, bagian depan memperlihatkan segel negara dengan motif matahari terbit.

Sedangkan di belakang, menunjukan elang Amerika dengan sebuah perisai. Berstatus uang kuno langka, Brasher Doubloon memiliki beberapa varian dengan harga berbeda.

Sebagai contoh, pada tahun 2011 terdapat Brasher Doubloon dengan tanda tangan EB Brasher terjual seharga USD7,4 juta atau sekitar Rp116 miliar (kurs 15.706 per USD).

Sementara pada 2021 lalu, lelang berikutnya terjual sekitar USD9,36 juta atau sekitar Rp147 miliar (kurs 15.706 per USD).

3. Double Eagle

Dicetak pada tahun 1933, uang berbentuk koin emas ini sempat ditarik dari peredaran. Dikutip dari pemberitaan MPI, hal ini terjadi karena Presiden Theodore Roosevelt saat itu melarang warganya memiliki emas.

Seiring waktu, tak banyak jumlah uang kuno ini yang tersisa. Sehingga pada saat dilelang, Double Eagle bisa mencapai harga USD7,5 juta atau sekitar Rp118 miliar (kurs 15.706 per USD).

Baca juga : 5 Uang Kuno Paling Mahal di Indonesia, Nilainya Bisa Ratusan Juta

4. Edward III Florin

Uang kuno termahal di dunia yang berikutnya adalah Edward III Florin. Dikutip dari laman Bankrate, koin ini menjadi salah satu dari sekian koin emas termahal di dunia.

Pada bagian depannya, koin ini menampilkan Raja Edward III di singgasana dengan dua kepala macan tutul di sampingnya. Sementara di bagian belakang, terdapat Royal Cross dalam sebuah quatrefoil.

Sempat berada di harga USD850.000 di pelalangan, saat ini Edward III Florin diperkirakan bisa bernilai hingga USD6,8 juta atau sekitar Rp107 miliar (kurs 15.706 per USD).

5. Umayyad Gold Dinar

Umayyad Gold Dinar menjadi salah satu uang kuno Islam paling berharga. Terbuat dari emas, koin ini memiliki tanda ‘tambang panglima mukmin’ dan menyebut lokasi di Arab Saudi.

Sebagai salah satu uang langka, Umayyad Gold Dinar pernah terjual sekitar USD6 juta atau sekitar Rp94,2 miliar (kurs 15.706 per USD).

6. Liberty Head V Nickel

Meski tak setua beberapa uang kuno di atas, namun Liberty Head V Nickel menjadi salah satu koin langka yang memiliki harga fantastis. Tercatat, sejak tahun 2000 uang ini telah masuk pelelangan dan terjual hingga jutaan dolar.

Sebagai contoh, pada tahun 2018 salah satu varian dari Liberty Head V Nickel ini dibanderol dengan harga USD4,6 juta atau sekitar Rp72,2 miliar (kurs 15.706 per USD).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)