Pacu Produktivitas Ekonomi Perempuan, Tech Startup Asal Bandung Raih Penghargaan Internasional

Kamis, 03 November 2022 - 22:02 WIB
loading...
Pacu Produktivitas Ekonomi Perempuan, Tech Startup Asal Bandung Raih Penghargaan Internasional
Upaya mendongkrak produktivitas ekonomi perempuan memerlukan kemitraan berbagai pihak. Ilustrasi foto/pexels/karolina grabowska
A A A
JAKARTA - Peran perempuan dalam perekonomian di Indonesia terus meningkat. Bahkan, dari 60 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tanah Air, sekira 50% dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

Mengutip Bank Dunia, jika Indonesia dapat meningkatkan partisipasi angkatan kerja perempuan sebanyak 25% saja pada 2025, maka hal itu dapat menghasilkan tambahan aktivitas ekonomi senilai USD62 miliar dan menambah PDB 2,9%.

Upaya mendongkrak produktivitas ekonomi perempuan bukan semata tugas pemerintah. Perlu kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk juga dalam memberikan edukasi dan pendampingan. Sehingga, bisa meningkatkan pendapatan, daya saing dan kemandirian perempuan.

Tech startup asal Bandung Evermos belum lama ini memenangkan penghargaan bergengsi atas perannya dalam pemberdayaan ekonomi perempuan.

Penghargaan diberikan oleh media ternama Financial Times (FT) dan International Finance Corporation (IFC) yang merupakan bagian dari World Bank Group, yaitu FT/IFC Transformational Business Awards 2022.

Baca juga: Titah Jokowi, Pengurusan Sertifikat Halal UMKM Bakal Dipangkas jadi 3 Har i

Evermos menjadi special commendee pada kategori "Transformational Finance Solution - Gender-lens Finance", di mana social commerce tersebut mendahului lebih dari 200 pendaftar dari negara-negara di seluruh dunia dalam keberhasilan menghadirkan inovasi, solusi, dan terobosan yang berkelanjutan untuk pemberdayaan ekonomi dan keuangan kepada para perempuan.

Penobatan ini digelar pada akhir Oktober 2022 di London, Inggris, serta disiarkan secara langsung melalui situs resmi dari penyelenggara.

Co-Founder dan Chief of Sustainability Evermos Iqbal Muslimin menyampaikan, Evermos lahir dengan impian besar untuk memberdayakan jutaan perempuan Indonesia sehingga kreatif, independen, usaha mandiri, dan memberi manfaat untuk sesama.

“Kami yakin, sebagai tulang punggung generasi masa depan, perempuan mampu menjadi pengusaha yang sukses tanpa mengesampingkan perannya sebagai seorang ibu, istri, ataupun saudari di keluarga mereka," tuturnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3658 seconds (11.97#12.26)