Terungkap! Ternyata Ada 9 Titik Nol di Ibu Kota Nusantara

Sabtu, 05 November 2022 - 09:57 WIB
loading...
Terungkap! Ternyata Ada 9 Titik Nol di Ibu Kota Nusantara
Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) ternyata tak hanya satu seperti yang selama ini populer yakni di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto/Dok
A A A
BALIKPAPAN - Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) ternyata tak hanya satu seperti yang selama ini populer yakni di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.



Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, Rozali Indra Saputra mengungkapkan, sebenarnya ada sembilan titik koordinat yang menjadi acuan jarak pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara .

"Titik geodetik yang menjadi referensi sebagai titik simpul pembangunan fisik di IKN ada banyak. Yang satu itu terkenal karena pernah menjadi lokasi acara simbolik penyatuan air dan tanah dari seluruh Indonesia," jelas Indra dalam media briefing di Balikpapan, Jumat (4/11) malam.

Indra mengatakan, Titik Nol IKN yang dikenal selama ini memang yang pertama. Itu adalah titik simpul untuk pembangunan Istana Negara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Jalan utama yang ditarik dari Titik Nol lurus hingga Istana Negara dinamakan Jalan Sumbu Kebangsaan.



Lantas, di mana letak delapan titik nol lainnya? "Bermacam-macam. Itu sangat teknis. Ada yang di dekat bendungan, dataran tinggi, dekat proyek jalan tol dan lainnya. Tentu setiap proyek harus ada titik acuannya untuk referensi teknis pembangunan fisik," jawabnya.

Dia mengingatkan, Titik Nol di IKN jangan sampai disebut sebagai Titik Nol Kilometer. Jangan disamakan dengan yang ada di Sabang sebagai titik terjauh Indonesia di bagian barat dan titik nol di Merauke sebagai titik terjauh Indonesia di bagian Timur.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)