Revitalisasi Rampung, Museum Transportasi TMII Akan Pamerkan Kendaraan Listrik

Minggu, 06 November 2022 - 17:13 WIB
loading...
Revitalisasi Rampung, Museum Transportasi TMII Akan Pamerkan Kendaraan Listrik
Ilustrasi motor listrik militer karya anak bangsa yang dipamerkan di Indo Defence 2022. Ilustrasi foto/kontributor MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini meninjau Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang telah selesai direvitalisasi.

Untuk diketahui, revitalisasi museum dilakukan sejak April 2022 yang dikelola oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan bersamaan dengan revitalisasi TMII secara menyeluruh. Menurut rencana, kawasan TMII akan dibuka kembali untuk masyarakat umum pada akhir tahun ini.

Sejalan dengan itu, Menhub mengutarakan rencana untuk memamerkan beragam jenis kendaraan listrik di area Museum Transportasi. Hal ini diharapkan membantu menyosialisasikan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mulai beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (6/11/2022).



Sebagai informasi, Museum Transportasi memiliki luas sebesar 6.25 hektar yang meliputi ruang pamer indoor dan outdoor. Museum yang diresmikan pertama kali pada 1991 itu dibangun dengan tujuan untuk mengumpulkan, memelihara, meneliti, serta memamerkan bukti-bukti sejarah dan perkembangan transportasi Indonesia serta peranannya dalam pembangunan nasional.

"Museum Transportasi termasuk salah satu museum di TMII yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak. Karena memiliki banyak spot yang menarik, tempat ini sering menjadi tempat berkumpul para pelajar maupun komunitas, seperti komunitas fotografi," beber Menhub.



Dia berharap dengan semakin bervariasinya fasilitas usai dilakukan revitalisasi, pengunjung akan terus meningkat. Selain itu, dapat menjadi sarana edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat akan perkembangan transportasi di Tanah Air.



Dalam kunjungannya, Menhub juga menyempatkan untuk mencoba mobil listrik Wuling bertipe Air EV. Menteri asal Palembang itu pun mengapresiasi para produsen otomotif yang telah mendukung percepatan implementasi kendaraan listrik secara massal di Indonesia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)