Pacu Digitalisasi Industri Logistik Nasional, Ini Jurus KJL

Rabu, 09 November 2022 - 23:33 WIB
loading...
Pacu Digitalisasi Industri Logistik Nasional, Ini Jurus KJL
Ilustrasi foto/pexels
A A A
JAKARTA - PT Krakatau Jasa Logistik (KJL), anak usaha PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), tengah mengembangkan aplikasi digital lokapasar Krakatau Integrated Logistic Solution (Kilogs).

Aplikasi tersebut dimaksudkan untuk menjembatani para pelaku usaha sektor logistik dan transportasi dengan industri manufaktur atau perusahaan yang membutuhkan jasa logistik.

Direktur Utama KJL Puji Winarto mengatakan, dengan hadirnya Kilogs, maka akan memudahkan para pelaku usaha. Selain menjadi jembatan antara para pelaku usaha sektor logistik dan transportasi dengan perusahaan, kemudahan yang diberikan oleh Kilogs, yaitu memberikan banyak pilihan vendor logistik yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

“Kilogs menyediakan berbagai pilihan vendor logistik dengan status pengiriman barang angkutan dapat dipantau secara real time oleh perusahaan pengguna jasa dan penyedia transportasi di mana saja kapan saja sehingga tercipta transparansi di sepanjang mata rantai pasok,” ujarnya, Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Erick Thohir Lirik Potensi Ekonomi Digital Rp4.500 Triliun, BUMN Diminta Enggak Ketinggalan

Beberapa fitur yang mendukung Kilogs dalam menciptakan transparansi atau mengintegrasikan informasi pada rantai distribusi logistik diantaranya adalah Transport Management System (TMS), Warehouse Management System (WMS), Vendor Management System (VMS), dan Supply Chain Financing (SCF).

Dengan diluncurkan Kilogs akan menjadi solusi dari permasalahan distribusi logistik seperti biaya yang tinggi, sulit melacak posisi armada, progres pengiriman barang, dan proses yang tidak transparan serta kinerja vendor logistik yang tidak terkontrol yang masih sering dihadapi oleh perusahaan logistik.

Dengan adanya Kilogs, lanjut Puji, tentunya akan menekan biaya logistik. Perusahaan dapat membandingkan harga antar vendor, sehingga akan terbentuk nilai kompetitif.

“Perlu digaris bawahi, biaya logistik tidak hanya dari sisi biaya awal namun juga ketepatan waktu pengiriman. Peran Kilogs sangat dibutuhkan karena dilengkapi dengan estimasi waktu yang status pengirimannya dapat dilacak,” tambahnya.

Baca juga: Ancaman Resesi Global Membayangi, Menhub Wanti-wanti Industri Logistik
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2698 seconds (11.252#12.26)