Habiskan Rp50 Miliar Begini Penampakan Terminal VVIP Bandara I Ngurah Rai Setelah Renovasi

Kamis, 10 November 2022 - 07:45 WIB
loading...
Habiskan Rp50 Miliar Begini Penampakan Terminal VVIP Bandara I Ngurah Rai Setelah Renovasi
Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto-foto/KemenPUPR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah meresmikan terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Terminal tersebut diberi nama Bhawana Sanggraha, yang nantinya siap menyambut para tamu dari negara-negara G20 .

Baca juga: Wow! Penumpang Bandara Ngurah Rai Bali Hampir Tembus 10 Juta Orang

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono mengapresiasi kontraktor yang sudah menyelesaikan pembangunannya tepat waktu. Namun menurutnya masih diperlukan sedikit penambahan furniture agar terminal VVIP tersebut lebih estetik.

"Secara keseluruhan sudah oke. Hanya sedikit tambahan-tambahan pada furniture," kata Menteri Basuki pada pernyataan tertulisnya, Kamis (10/11/2022).

Habiskan Rp50 Miliar Begini Penampakan Terminal VVIP Bandara I Ngurah Rai Setelah Renovasi


Pembangunan Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mulai dikerjakan sejak tanggal kontrak 14 Maret 2022 dan telah selesai 100%. Pekerjaan pembangunan terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR dengan anggaran Rp50,9 miliar.

Bangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki luas 1.713 meter persegi di atas lahan milik PT Angkasa Pura I. Bangunan gedung didesain dengan memadukan arsitektur kolonial dan ornamen kearifan lokal Bali.

Habiskan Rp50 Miliar Begini Penampakan Terminal VVIP Bandara I Ngurah Rai Setelah Renovasi


Konsep ini dipadukan dengan kerajinan khas Bali yang menghiasi bagian interior bangunan, seperti lukisan kamasan dan ukiran astalla padma bhuana pada bagian plafon utama, ukiran Bali utara dan Singa Ambara Raja pada pintu masuk utara (Gumendung).

Menteri Basuki juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Khususnya pada kontraktor yang bekerja siang dan malam untuk mempercepat penyelesaian dalam waktu sejak Maret 2022.

Baca juga: Cek Perbaikan Jalan Longsor, Bima Arya Ngomel-ngomel

Revitalisasi Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilakukan dalam rangka mendukung penyelenggaraan G20 dan Indonesia menjadi tuan rumah dan memegang presidensi pada tahun ini. Pemerintah ingin memberikan kesan yang baik karena terminal VVIP ini menjadi tempat singgah sementara dan pertemuan dari para tamu penting negara.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3168 seconds (10.55#12.26)