Perhutani Gunakan Teknologi Digital untuk Dongkrak Kinerja Perusahaan

Senin, 14 November 2022 - 22:15 WIB
loading...
Perhutani Gunakan Teknologi Digital untuk Dongkrak Kinerja Perusahaan
Perhutani bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia Tbk hadirkan Control Room. Foto Ist
A A A
JAKARTA - Perhutani resmi mengimplementasikan proyek strategis Perhutani Digital Forest dengan meluncurkan Control Room di tiga divisi regional secara serentak. Ketiganya adalah Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Divisi Regional Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga: Cegah Korupsi, Perhutani Gandeng Basel Institute Swiss

Ketiga divisi ini menerapkan teknologi digital dalam memonitor dan mengendalikan pengelolaan sumber daya hutan yang dimiliki perusahaan. Direktur SDM, Umum dan IT Perhutani Denny Ermansyah mengatakan, pembangunan Control Room ini merupakan hasil sinergi antara Perhutani dan PT Telkom Indonesia Tbk.

“Saya bersyukur, ini satu dari etape besar menyiapkan infrastruktur Perhutani, perjalanan ini masih panjang untuk sampai di output. Kita punya target hingga tingkat KPH dengan desain yang berbeda. Kita buat skenario prioritas untuk mempersiapkan infrastruktur ini,” ungkap Denny, Senin (14/11/2022).

Control Room merupakan implementasi dari proyek strategis perusahaan pada 2022 yaitu 'Perhutani Digital Forest'. Tujuan dari proyek Strategis ini adalah dengan mengimplementasikan teknologi untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan yang mampu memonitor dan mengendalikan pengelolaan sumber daya hutan yang dimiliki oleh perusahaan.

Dengan diresmikannya Control Room, lanjut Denny, diharapkan akan menjadi pusat data dan informasi segala kegiatan kerja di masing-masing Divisi Regional. Denny juga menugaskan kepada seluruh Kepala Divisi Regional untuk melakukan fungsi monitoring produksi dan keamanan Sumber Daya Hutan melalui sistem ini.

Dengan hadirnya Perhutani Digital Forest setiap Kepala Divisi Regional bisa memantau hasil produksi seperti hasil hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu.

“Diharapkan seluruh regional dapat menganalisis kebutuhan setelah adanya Control Room ini, untuk menghasilkan output yang diharapkan utamanya secara finansial. Bayangan saya model bisnis ekonomi digital akan segera dibutuhkan dan jadi ekosistem besar, dan Perhutani harus siap,” tambah Denny.

Sementara itu, GM Segment Agriculture dan Forestry Divisi Enterprise Service Telekomunikasi Indonesia, Andi Syahrudin, mengungkapkan antusiasnya berkolaborasi dengan Perhutani untuk membangun Control Room Divisi Regional ini. Menurut Andi, perusahaan BUMN harus berkolaborasi dan mempersiapkan diri guna menyambut sistem ekonomi digital.

“Terima kasih atas kepercayaan kepada kami PT Telkom Indonesia, ini usaha manajemen untuk Perhutani yang lebih baik. Harapan ke depan kita terus bersinergi memperkuat BUMN, dan mendukung Perhutani agar berkelanjutan dan semakin bermanfaat untuk Indonesia.” jelas Andi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1572 seconds (10.101#12.26)