Pertamina Lakukan Dekarbonisasi Bisnis Dukung Penanganan Perubahan Iklim

Selasa, 15 November 2022 - 10:22 WIB
loading...
Pertamina Lakukan Dekarbonisasi Bisnis Dukung Penanganan Perubahan Iklim
Pertamina melakukan dekarbonisasi aset bisnis dan mengembangkan bisnis hijau untuk mendukung penanganan perubahan iklim global dan membantu tercapainya target emisi nol bersih Indonesia pada 2060.
A A A
MESIR - Pertamina melakukan dekarbonisasi aset bisnis dan mengembangkan bisnis hijau untuk mendukung penanganan perubahan iklim global dan membantu tercapainya target emisi nol bersih Indonesia pada 2060.

"Kami memiliki dua pilar dalam menghadapi perubahan iklim, pertama kami harus mendekarbonisasi aset karbon dan bisnis karbon kami," kata Senior Vice President Strategy and Investment PT Pertamina Daniel S Purba dalam diskusi di Paviliun Indonesia COP-27 di Sharm el-Sheikh di Mesir, Jumat (11/11/2022).

Daniel menuturkan untuk melakukan dekarbonisasi aset bisnis, upaya yang dilakukan Pertamina adalah mengubah portofolio bisnis dengan cara mempromosikan energi rendah karbon dan energi baru dan terbarukan ke dalam bisnis dan operasi perusahaan yang sudah ada terlebih dahulu.

"Karena secara ekonomi untuk memperkenalkan energi terbarukan ini masih mahal sehingga pasar belum benar-benar siap tapi untuk Pertamina kami mulai dengan operasi kami sendiri. Kami tidak bisa menunggu pasar untuk siap tetapi kami mulai dengan operasi kami sendiri," ujarnya.

Pilar kedua untuk menangani perubahan iklim adalah mengembangkan bisnis baru yang berkaitan dengan bisnis energy hijau dengan sejumlah target pada bahan bakar nabati, hidrogen, penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon, energi terbarukan, baterai dan kendaraan listrik, dan bisnis karbon.

Dengan demikian, Daniel mengatakan pendapatan perusahaan akan terus mengalir meskipun bisnis karbon dikurangi dan perusahaan melakukan dekarbonisasi.

Sebagai komitmen perusahaan untuk mencapai emisi nol bersih pada 2060, Pertamina akan mengurangi emisi karbonnya hampir 30 juta ton hingga 2030, dan harus mengurangi sekitar 30-40 juta ton per tahun pada 2060. Untuk itu, perencanaan nya haris dilakukan sejak sekarang.

Sebagai wujud nyata pengurangan emisi, dalam kurun waktu 2010-2021 Pertamina berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29,09 persen.

"Itulah yang kami rencanakan dalam roadmap dan pathway kami untuk mengambil tindakan di tahun-tahun mendatang dengan memiliki program dan inisiatif yang kuat, jelas dan detail dalam bisnis grup kami, tidak hanya berurusan dengan bisnis karbon yang ada tetapi juga dengan energi baru dan terbarukan," ujarnya.

Menurut Daniel, peta jalan dekarbonisasi aset bisnis dilakukan dalam setiap bisnis yang dimiliki perusahaan mulai dari hulu, kilang dan petrokimia, minyak komersial dan perdagangan, gas, logistik kelautan terintegrasi, dan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)