Ajak Pemimpin Dunia Ikut Pandemic Fund, Jokowi: Indonesia Sumbang USD5 Juta

Selasa, 15 November 2022 - 15:08 WIB
loading...
Ajak Pemimpin Dunia Ikut Pandemic Fund, Jokowi: Indonesia Sumbang USD5 Juta
Presiden Jokowi mengajak pemimpin negara untuk urunan dana di pandemic fund. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengajak para pemimpin dunia untuk ikut berkontribusi pada dana pandemi atau pandemic fund. Kontribusi itu untuk menunjukkan keseriusan, dan Indonesia sendiri sudah mengirimkan dana talangan sebesar USD5 juta.


"Saya ajak semua negara berkontribusi pada pandemic fund. Indonesia sudah memberi USD5 juta," kata Jokowi saat membuka Working Session II yang membahas mengenai kesehatan di Candi Ballroom, The Apurva Kempinski, Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Menurutnya, pendanaan itu sangat penting agar kesalahan pandemi Covid-19 tidak terulang lagi dan dunia bisa lebih siap menghadapi pandemi berikutnya. Sehingga, G20 harus bisa mengambil langkah nyata dalam mengatasi masalah kesehatan dunia.

"G20 harus mengambil langkah yang nyata dan segera. Pertama arsitektur global yang kuat, kita perlu WHO yang lebih kuat, solidaritas agar bisa menjadi ruh bagi kesehatan," lanjut Jokowi.

Dengan keterlibatan anggota G20, Jokowi berharap agar pandemic fund ini bisa menjadi jalan keluar jika pandemi kembali terjadi.



"G20 telah berhasil membentuk pandemic fund, dan ini harus diukur dengan kontribusi pendanaan agar berkontribusi maksimal. Ini penting untuk memperkuat kesiapsiagaan di tingkat nasional, kawasan dan global," pintanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)