Menguak Peran Krusial Holding Industri Tambang Sebagai Pemain Kunci Hilirisasi

Rabu, 16 November 2022 - 18:31 WIB
loading...
Menguak Peran Krusial Holding Industri Tambang Sebagai Pemain Kunci Hilirisasi
Industri Pertambangan tentunya akan mengambil peran yang cukup krusial pada proses hilirisasi, produk yang dihasilkan merupakan produk Mineral dan Batubara (Minerba) yang tergolong produk mentah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong setiap industri penghasil bahan mentah atau raw material di Indonesia mulai berkomitmen untuk memikirkan hilirisasi produk turunannya. Hilirisasi produk ini dipercaya mampu memperkuat struktur industri, menyediakan lapangan kerja, dan memberi peluang usaha di Indonesia.

Baca Juga: Hilirisasi Nikel, Jokowi Bidik Penerimaan Rp440 Triliun di 2022

Beberapa waktu lalu, Presiden juga menginginkan agar proses hilirisasi industri ini dipercepat. Hal tersebut agar dapat meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri serta membuka lapangan kerja yang lebih luas. Langkah ini merupakan salah satu wujud komitmen dari pemerintah dalam mendukung hilirisasi produk pertambangan yang mana juga akan memperkuat kemandirian bangsa di ranah internasional.

Industri Pertambangan tentunya akan mengambil peran yang cukup krusial pada proses hilirisasi, produk yang dihasilkan merupakan produk Mineral dan Batubara (Minerba) yang tergolong produk mentah. Melihat hal ini Kementerian BUMN secara strategis membentuk Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia ( MIND ID ).

Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, salah satunya dalam kategori minerba. Tercatat pada tahun 2021 angka produksi timah mencapai 800 ribu ton dan menduduki peringkat ke-2 dunia, komoditas batubara 38,8 miliar ton pada Juli 2022 dan menduduki peringkat ke-7 dunia.

Sedangkan tembaga 28 juta ton pada tahun 2020, menduduki peringkat ke-7 dunia, komoditas nikel 72 juta ton sehingga menjadi terbesar ke-1 dunia, dan komoditas bauksit 1,2 miliar ton menduduki peringkat ke-6 dunia.

Salah satu upaya hilirisasi Holding Pertambangan MIND ID, diwujudkan melalui industri bisnis aluminium dan nikel yang saat ini menjadi komponen kunci dalam pengembangan industri kendaraan listrik.

Baca Juga: Bicara Hilirisasi, Jokowi Akan Setop Ekspor Bauksit dan Tembaga

Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir, bahwa BUMN terus melakukan industrialisasi industri mineral dan batubara untuk meningkatkan nilai industri. “MIND ID memiliki tiga mandat dari Pemerintah. Pertama, mengelola cadangan dan sumber daya strategis,” ucap Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso.

“Dua, hilirisasi. Tiga, memiliki kepemimpinan pasar yang diwujudkan melalui optimalisasi komoditas mineral dan ekspansi bisnis,” sambungnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1408 seconds (10.55#12.26)