Mengenal Komitmen Investasi yang Dipegang Indonesia Sebesar USD 8 Miliar

Jum'at, 18 November 2022 - 19:03 WIB
loading...
Mengenal Komitmen Investasi yang Dipegang Indonesia Sebesar USD 8 Miliar
Komitmen Investasi dari rangkaian perhelatan KTT G20 Bali 2022 berhasil dikantongi Indonesia sejumlah USD 8 miliar atau sekitar Rp125 triliun. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Komitmen Investasi dari rangkaian perhelatan KTT G20 Bali 2022 berhasil dikantongi Indonesia sejumlah USD 8 miliar atau sekitar Rp125 triliun. Kementrian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut bahwa angka tersebut diprediksi akan terus meningkat lantaran terdapat beberapa kesepakatan yang belum diteken.

Lalu apa itu komitmen investasi? dan apa yang membedakan dari investasi biasa?

Sebenarnya istilah komitmen investasi ini bukanlah istilah yang kerap digunakan di Indonesia, dan lebih merujuk pada istilah barat.

Baca juga : Realisasi Komitmen Investasi Masih Rendah

Dikutip dari lawinsider.com, Komitmen Investasi adalah perjanjian, keterikatan atau kesanggupan oleh suatu kelompok maupun perusahaan untuk memperoleh suatu fasilitas atau hipotek.

Sementara investasi merupakan sebuah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya yang dilakukan untuk memperoleh sejumlah keuntungan di masa mendatang.

Bila ditilik dari kedua makna di atas secara sekilas memang tidak dapat perbedaan yang mencolok antara komitmen investasi dengan investasi.

Sebenarnya perbedaan utama terdapat pada hasil yang nantinya diperoleh oleh pihak yang berinvestasi. Bila komitmen investasi bertujuan untuk mendapat fasilitas atau hipotek, sedangkan investasi bertujuan untuk mendapat keuntungan.

Baca juga : Pemerintah Indonesia Apresiasi Komitmen Investasi Singapura

Meski pada dasarnya kedua hal tersebut hampir sama, namun komitmen investasi lebih menjanjikan karena dapat memberikan jaminan bagi investor untuk mendapat hasil yang diinginkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)