Penggunaan Pupuk yang Tepat Bikin Penghasilan Petani Meningkat

Minggu, 20 November 2022 - 21:29 WIB
loading...
Penggunaan Pupuk yang Tepat Bikin Penghasilan Petani Meningkat
Hasil panen petani kakao akan meningkat jika menggunakan pupuk yang tepat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Festival UMKM yang digelar Pupuk Kaltim , bagian dari holding BUMN pupuk, di Lapangan Sepak Bola Pallangga, Desa Pallangga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, pada 19-20 November 2022 menghadirkan ragam produk hasil olahan masyarakat sekitar.

Baca juga: Indeks Bisnis UMKM BRI Q3 2022: Bisnis UMKM Tetap Tumbuh di Tengah Kenaikan Inflasi

Pengurus Koperasi Cahaya Sehati Luwu Timur Asrul mengatakan, produk olahan kakao seperti bubuk cokelat, pasta, nips, cokelat batang, minuman cokelat dan lainnya merupakan hasil dari tanaman kakao dari petani di Luwu Timur. Meskipun belum semua hasil kakao diolah, Asrul mengatakan dirinya mengajak agar petani terlibat dalam upaya pemberian nilai tambah bagi produk kakao ini.

“Petani melakukan fermentasi sendiri lalu kami fasilitasi pemasarannya sehingga ada nilai tambah dari petani. Pengolahan itu mulai dari pascapanen hingga pengolahan,” katanya dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (20/11/2022).

Asrul juga melibatkan banyak petani milenial asal Luwu Timur lantaran lebih paham terhadap teknologi baru. Hasilnya pun para petani kakao berhasil panen sampai satu ton kakao hingga dua kali dalam setahun. Dia juga bersyukur dampak bagi pendapatan petani naik sehingga profesi petani tetap diperhitungkan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari dengan bertani.

“Kita juga harap teman-teman petani bukan hanya paham hulu tetapi bisa melakukan produksi sendiri dari tingkat petani maupun organisasi petani. Termasuk harus ada peranan pemerintah dalam memfasilitasi keberadaan pupuk,” harapnya.

Asrul mengatakan petani Luwu Timur berhasil menaikkan hasil panen dari 800 kilogram per hektare menjadi 1 ton per hektare setelah menggunakan Pupuk NPK Pelangi. “Saya mengajak para petani di Desa Pallangga dan di Sulsel untuk menggunakan Pupuk Kaltim. Ada peningkatan produksi ketika menggunakan NPK Pelangi. Buah yang diperoleh per pohon juga lebih baik,” katanya.

Penggunaan Pupuk yang Tepat Bikin Penghasilan Petani Meningkat

Gelaran Festival UMKM oleh Pupuk Kaltim. Foto/Ist

Staf Pelaporan Pupuk Indonesia Hidayat Syam mengatakan tujuan festival ini adalah lebih memperkenalkan produk Pupuk Kaltim ke masyarakat sekaligus memberikan bukti perusahaan terus ikut mendukung sektor pertanian Indonesia, khususnya di Sulsel.

Karena itu, selain menghadirkan produk unggulan binaan UMKM Pupuk Kaltim dari Bontang, beragam produk Pupuk Kaltim ikut ditampilkan di booth PKT mulai dari Pupuk Kimia hingga Pupuk Hayati. Produk Pupuk Kimia di antaranya seperti Urea baik granul maupun prill dan Pupuk NPK Pelangi. Selain itu, ada pula produk Pupuk Hayati seperti Ecofert, Biotara dan Biodex.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4457 seconds (11.210#12.26)