Ini Peran Penting Akuntansi dalam Kegiatan Bisnis dan Usaha

Senin, 21 November 2022 - 22:25 WIB
loading...
Ini Peran Penting Akuntansi dalam Kegiatan Bisnis dan Usaha
Chief Operating Officer (COO) Hospitality Industry, Winda Tatiana dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo. FOTO/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Akuntansi merupakan bagian penting dalam membangun usaha. Pasalnya, kesehatan keuangan perusahaan bisa terlihat dengan adanya pencatatan jurnal keuangan.

"Karena kalau enggak nanti loss. Jadi kadang kita merasa, misalnya akhir bulan sudah gajian, berasa banyak uang nih, tiga minggu terakhir langsung irit banget karena seminggu pertamanya sudah nge-loss," kata Chief Operating Officer (COO) Hospitality Industry, Winda Tatiana dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Peran Penting Akuntansi dalam Kegiatan Bisnis dan Usaha yang ditayangkan di channel YouTube Partai Perindo , Senin (21/11/2022)

Dia menyampaikan bahwa semua bidang usaha bahkan aktivitas pribadi sekalipun perlu untuk melakukan pencatatan jurnal keuangan. Dengan adanya pencatatan yang baik akan membuat sadar terhadap transaksi yang telah dilakukan sebelumnya sehingga akan bisa dilakukan review. "Apa saja yang udah pernah kita keluarin sebelumnya, nantinya kita bisa mengatur, mengaturnya itu lah sebagai orang finance," jelasnya.

Baca Juga: Bacaleg Partai Perindo Ananda George Kampanyekan Pelestarian Budaya

Menurut Winda, bedanya pencatatan uang pribadi dengan pencatatan accounting di perusahaan adalah pada tingkat kompleksitasnya. "Kalau di bisnis lebih kompleks, pencatatan accounting itu kan pencatatan yang sudah terjadi, itu harus dilaporkan kepada management bahwa transaksi bulan lalu seperti ini," terang Winda.

Lebih lanjut dia menguraikan, setelah membuat pencatatan, langkah selanjutnya adalah melakukan pelaporan untuk menganggarkan di bulan selanjutnya. "Misalnya di bulan depan akan ada piutang yang akan masuk sekian, berati kita bisa merencanakan untuk melaksanakan pembayaran kapan," paparnya.

Baca Juga: Christie Damayanti Jadi Workaholic karena Ingin Lupakan Masalah

Sehingga ia menilai, pencatatan akuntansi sangat penting untuk bisa mengembangkan sebuah usaha agar bisa berjalan sustainable. "Dengan adanya pencatatan ini yang menjadi mandatori untuk dilakukan oleh semua pelaku bisnis ini menjadi tolak ukur, menjadi data yang sangat penting untuk bisnis kita mau dibawa ke mana," pungkasnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2209 seconds (10.177#12.26)