Rooftop di Rumah: Simak Ide Desain dan Fungsi Menariknya

Selasa, 22 November 2022 - 17:26 WIB
loading...
Rooftop di Rumah: Simak Ide Desain dan Fungsi Menariknya
Tertarik untuk membangun rooftop di rumah? Manfaatkan produk pinjaman KTA untuk bisa mewujudkannya!/foto doc Pexels
A A A
JAKARTA - Rooftop merupakan atap atau bagian teratas dari sebuah bangunan yang didesain berbentuk datar yang dapat difungsikan sesuai dengan keinginan. Tidak hanya diterapkan pada gedung-gedung bertingkat tinggi, kini masyarakat sudah banyak yang mulai berinovasi dan mengaplikasikan rooftop di hunian masing-masing.

Sebagai sebuah produk pinjaman yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, Pinjaman KTA dapat kamu manfaatkan sebagai solusi pendanaan untuk membangun rooftop di atas rumahmu.

Untuk membangun rooftop, tentunya harus melewati pertimbangan yang matang. Kamu harus melakukan berbagai macam perencanaan mulai penentuan fungsi dari rooftop tersebut, desain dan konsep yang ingin kamu gunakan, hingga interior yang nantinya ingin kamu letakkan di sana

Artikel ini akan memberikan beberapa ide desain dari rooftop yang paling sesuai untuk dibangun di rumah. Selain itu, artikel ini juga akan menjelaskan terkait beberapa fungsi yang bisa kamu nikmati dari adanya bangunan rooftop tersebut.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan inspirasi desain untuk membangun rooftop di rumah, yuk cari tahu desain-desain menarik yang bisa kamu aplikasikan melalui artikel ini!

Ide Desain Rooftop di Rumah

Apabila kamu berniat menggunakan rooftop di rumahmu untuk suatu fungsi, maka kamu perlu untuk mendesain rooftop tersebut dengan maksimal. Beberapa inspirasi desain untuk area rooftop di rumah di antaranya yaitu sebagai berikut.

â—Ź Rooftop dengan Konsep Minimalis

Konsep minimalis bisa diterapkan di mana saja, salah satunya yaitu pada rooftop. Sebuah konsep dalam arsitektur yang terbilang simpel ini dicirikan dengan interior berbentuk sederhana serta penggunaan warna-warna yang netral.

Rooftop yang menerapkan konsep minimalis akan memberikan kesan sederhana namun tetap modern. Apabila rooftop di hunianmu akan digunakan sebagai tempat untuk bersantai, maka kamu sangat bisa untuk menaruh sofa maupun bean bag di sebuah sudut agar waktu bersantaimu lebih nyaman.

â—Ź Rooftop dengan Konsep Industrial

Konsep industrial merupakan sebuah konsep yang ramai diminati untuk berbagai macam bangunan komersil seperti misalnya kafe. Apabila kamu tertarik dengan konsep ini, maka tidak ada salahnya untuk menerapkan konsep industrial untuk area rooftop-mu.

Konsep yang memperlihatkan tampilan sebuah area atau bangunan menjadi terkesan seperti belum jadi ini bisa kamu terapkan pada rooftop di rumah. Saat ini telah banyak kafe maupun kedai kopi yang mengusung tema dengan ciri suasana seperti sedang berada di pabrik industri pada abad ke-19 ini.

Rooftop sebagai working space di rumah bisa kamu hidupkan dengan mengusung tema industrial layaknya sedang berada di kafe. Maksimalkan konsep ini dengan pemasangan interior dengan tema yang sesuai.

Kamu bisa meletakkan kursi dan meja dengan pewarnaan yang gelap agar mendukung suasana seperti sedang berada di kedai kopi industrial yang banyak digemari oleh milenial.

â—Ź Rooftop dengan Material Kayu

Inspirasi desain berikutnya yang bisa kamu aplikasikan untuk area rooftop yaitu dengan memperhatikan material-material penyusunnya. Salah satu material yang cocok digunakan sebagai dasar pembuatan rooftop yaitu material kayu.

Ketika kamu memutuskan untuk mengusung konsep ini pada area rooftop, maka kamu bisa memasang interior hingga pembuatan bagian lantai dan dinding di area tersebut terbuat dari material kayu. Pilih material kayu yang berkualitas agar meskipun berada di luar ruangan kondisi interior-interior tersebut bisa bertahan dengan baik.

â—Ź Rooftop dengan Konsep Pergola

Pergola merupakan bangunan di luar ruang dengan tersedianya atap yang dicirikan dengan terdapatnya tanaman rambat penghias beberapa bagiannya.

Rooftop yang memanfaatkan pergola sangat nyaman digunakan untuk kamu yang suka bersantai. Keunggulan lainnya dari desain rooftop satu ini yaitu kamu tidak akan kebasahan ketika hujan karena tersedianya atap tersebut.

â—Ź Rooftop Garden

Bagi kamu yang suka berkebun, salah satu desain rooftop untuk hunian yang bisa kamu aplikasikan yaitu dengan membuat rooftop garden. Dengan desain ini, tentunya kamu perlu memperhatikan tata letak interior agar nantinya penempatan tanaman-tanamanmu bisa menghasilkan tata ruang yang indah atau aesthetic.

â—Ź Rooftop Kolam Renang

Kolam renang tidak hanya bisa dibangun di atas area permukaan tanah saja. Apabila kamu memiliki lahan yang sempit, membangun kolam renang di dalam gedung terutama di kawasan rooftop bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak hanya di hotel-hotel mewah, kini desain kolam renang di area rooftop bisa kamu miliki di rumah. Namun untuk bisa mewujudkan atau merealisasikan desain ini, perlu dilakukan perencanaan secara matang.

Perancangan desain untuk bisa mewujudkan kolam renang di atap harus dipertimbangkan dengan maksimal. Hal ini dilakukan guna meminimalisir hingga menghindari terjadinya kebocoran air dari kolam renang.

Jika kebocoran terus terjadi hingga ke bagunan atau ruang di bawahnya, maka ada kegagalan lain yang bisa berakibat fatal terhadap bangunan rumah secara keseluruhan.

Fungsi Rooftop di Rumah

Masing-masing bagian dari rumah memiliki fungsinya tersendiri. Apabila kamu tertarik untuk membangun sebuah rooftop pada hunian, maka kamu perlu pahami dulu terkait masing-masing fungsi yang bisa saja diterapkan pada rooftop di bawah ini.

Rooftop dapat difungsikan untuk berbagai macam kepentingan. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

â—Ź Area Olahraga

Salah satu fungsi dari keberadaan rooftop di rumah yaitu dapat dijadikan sebagai area atau kawasan untuk berolahraga. Sebagai area luar ruang berbentuk datar yang masih berada di lingkungan rumah, area rooftop merupakan tempat yang tepat menjadi lokasi kamu berolahraga baik pagi maupun sore selain area taman di rumah.

Dengan berada di bagian paling atas rumah, maka otomatis kamu akan terkena sinar matahari langsung yang cocok untuk dijadikan lokasi kamu melakukan aktivitas olahraga mulai dari exercise ringan hingga mengangkat beban apabila memiliki peralatannya.

Tidak hanya itu saja, apabila kamu membangun kolam renang di area rooftop, maka kamu juga bisa melakukan olahraga renang dengan nyaman. Oleh karena lokasinya yang berada di atas rumah maka kamu sudah harus memastikan sistem pengamannya.

â—Ź Tempat Bersantai

Fungsi lainnya dari rooftop yang sering kali diterapkan yaitu sebagai area bersantai. Ketika kamu penat berada di dalam rumah, namun kondisi lahan rumah sempit dan tidak memiliki taman yang masih berada di dalam lingkungan rumah, maka rooftop bisa menjadi tempat yang tepat untuk bersantai.

Ketika kamu sudah menetapkan fungsi rooftop di rumah sebagai area untuk bersantai, maka dalam pemilihan interior yang akan diletakkan pada area tersebut sebisa mungkin menggunakan interior yang mengedepankan kenyamanan.

â—Ź Sebagai Area Taman

Rooftop sangat memungkinkan untuk disulap menjadi taman. Bukan taman besar yang berisikan permainan anak-anak, namun kamu bisa menjadikan rooftop sebagai area yang dipenuhi oleh berbagai macam jenis tanaman yang kamu rawat.

Memaksimalkan fungsi rooftop di rumah menjadi taman sangat cocok apabila kamu merupakan seorang pecinta tanaman. Area rooftop yang terbuka adalah lokasi strategis untuk menempatkan pot berisikan bibit tanaman yang masih belum sepenuhnya tumbuh.

Hal ini dilakukan agar tanamanmu bisa terkena cahaya secara maksimal dan tumbuh dengan sempurna.

â—Ź Tempat untuk Pesta BBQ

Rooftop di rumah juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berpesta BBQ atau melakukan perayaan lainnya. ketika kamu ingin memfungsikan rooftop untuk area ini, maka kamu tidak perlu memasang banyak-banyak interior di sana.

Hal ini dikarenakan dalam setiap perayaan pasti akan berisikan banyak orang yang mana jika dipenuhi oleh interior tertentu hanya berakibat area tersebut menjadi sempit.

â—Ź Tempat Meeting atau Outdoor Working Space

Fungsi lainnya dari sebuah rooftop yaitu dapat dijadikan sebagai area berkumpul hingga area meeting bersama klien. Contoh lainnya dari pemanfaatan rooftop sebagai working space, yaitu ketika kamu melakukan pekerjaan dengan sistem work from home, kamu sangat bisa memanfaatkan area rooftop ini untuk bekerja.

Ketika kamu memilih area rooftop untuk dijadikan sebagai area bekerja, maka interior yang bisa kamu letakkan sudah pasti berupa set meja dan kursi. Untuk ukuran dan kapasitas keduanya bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai pelengkap, kamu juga bisa menambahkan pantry mini di area rooftop tersebut. Hal ini dilakukan agar ketika waktunya bekerja dan mulai terasa mengantuk, kamu bisa menyiapkan kudapan atau snack dengan mudah tanpa perlu repot-repot masuk ke area rumah di bawah.

Yang terpenting dalam pemilihan desain, pemilihan interior, hingga fungsi rooftop, yaitu kamu harus menjaga kesinambungan dari aspek-aspek tersebut. Ketika baik desain, interior, maupun fungsi rooftop nyambung atau sesuai dengan satu sama lain, maka otomatis rooftop bisa digunakan dengan nyaman.

Mau Bangun Rooftop di Rumah? Atasi Biayanya dengan Pinjaman KTA

Bagaimana? Dengan melihat beberapa ide desain yang bisa dijadikan sebagai inspirasi dalam pembangunan rooftop beserta fungsi-fungsi menarik dari keberadaanya, apakah membuatmu juga tertarik untuk mewujudkan keberadaan rooftop di hunian kesayanganmu?

Pembangunan rooftop tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apabila kamu memiliki kendala biaya untuk mewujudkan rooftop di rumah, kamu bisa menggunakan opsi dengan melakukan pengajuan pinjaman KTA.

Salah satu produk pinjaman yang bisa kamu coba dan cari tahu yaitu digibank KTA . Oleh karena KTA tidak mewajibkan penyerahan jaminan, maka produk pinjaman ini tidak perlu melewati proses pengajuan yang memakan waktu lama.

Dengan mengajukan pinjaman dari digibank by DBS tersebut, kamu bisa memanfaatkan dana pinjamannya untuk berbagai macam kepentingan, salah satunya yaitu untuk membangun area rooftop di atas hunianmu.

Apabila kamu tertarik dengan produk pinjaman online bunga rendah digibank KTA ini, maka kamu perlu untuk mengetahui keunggulan-keunggulan yang ditawarkan berikut.

â—Ź Online 24 Jam

Kamu bisa mengajukan pinjaman pada waktu kapanpun selama 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS

â—Ź Approval Cepat dalam 60 detik

Proses persetujuan pinjaman juga terbilang cepat hanya dalam waktu 1 menit

â—Ź Dana Langsung Cair

Usai mendapatkan persetujuan, maka dana pinjamanmu akan langsung cair ke rekening digibank kamu

â—Ź Atur Jumlah Pinjaman

Kamu bebas menentukan jumlah pinjaman yang ingin diajukan sesuai dengan kebutuhan

â—Ź Cicilan hingga 36 bulan

Keunggulan lainnya dari pinjaman ini, yaitu kamu diberikan kesempatan membayar cicilan dalam rentang waktu 36 bulan

â—Ź Tanpa Dokumen Fisik

Yang paling menguntungkan, kamu sama sekali tidak diminta untuk menyerahkan dokumen fisik sebagai persyaratan sehingga sudah pasti anti ribet.

â—Ź Persyaratan Mudah

Kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan minimum 5 juta.

Supaya bisa mendapatkan informasi lebih lengkap terkait produk ini, kamu bisa mengunjungi tautan ini. Tertarik memiliki area rooftop di rumah? Ajukan saja pinjaman dari digibank KTA!
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)