Pulau Widi Akan Dilelang di Situs Asing, Jubir Luhut Keluarkan Ancaman

Rabu, 23 November 2022 - 23:01 WIB
loading...
Pulau Widi Akan Dilelang di Situs Asing, Jubir Luhut Keluarkan Ancaman
Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. FOTO/dok. Arsip Pemkab Halmahera Selatan
A A A
JAKARTA - Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara, dilaporkan akan dilelang di salah satu situs penjualan real estate asing. Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menegaskan Pemerintah Indonesia telah memiliki peraturan perundangan yang menyatakan bahwa pulau-pulau kecil tidak bisa dimiliki oleh pihak mana pun secara utuh.

"Pulau kecil hanya bisa dikelola oleh privat atau individu tertentu dengan batasan area maksimal tertentu," ungkap Jodi dalam keterangan resmi, Rabu (23/11/2022).

Lihat SINDOgrafis: Surga Wisata Masyhur di Dunia, Ini 5 Julukan Unik Pulau Bali

Berdasarkan laporan, Kepulauan Widi telah memiliki izin pengelolaan antara pihak swasta dengan pemerintah provinsi setempat. Izin pengelolaan tersebut diberikan kepada PT Leadership Islands Indonesia (LII) sejak lama, namun kabarnya hingga kini belum ada realisasi pembangunan hingga kemudian muncul kabar lelang tersebut.

Dia menegaskan apabila perizinan pengelolaan pulau kecil telah didapatkan perusahaan atau subjek hukum nasional, maka proses kerja sama investasi dengan pihak asing juga harus dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Bagi pihak-pihak yang berminat untuk mengelola, bukan memiliki, kawasan pulau kecil harus mendapatkan izin dari pemerintah. Jika sampai ada pelanggaran dari ketentuan perundangan, maka bisa ada sanksi yang bisa dikenakan," tuturnya.



Jodi menegaskan kedaulatan Indonesia atas semua pulau yang ada di dalam garis pangkal kepulauan Indonesia tidak perlu diragukan dan telah diakui dunia internasional. Sebelumnya dikabarkan, Kepulauan Widi akan dilelang oleh situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, AS.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)