Dihadiri Menhub, Travel Umrah Mulai Berangkatkan Jemaah dari Bandara Kertajati

Senin, 28 November 2022 - 21:22 WIB
loading...
Dihadiri Menhub, Travel Umrah Mulai Berangkatkan Jemaah dari Bandara Kertajati
Samira Travel memberangkatkan 375 jemaah dari Bandara Kertajati menuju Madinah (Arab Saudi), Sabtu (26/11/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Layanan penerbangan internasional untuk umrah dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, telah kembali dibuka mulai Sabtu (26/11/2022).

Hal ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat terutama asal Jawa Barat dan sekitarnya dalam menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Samira Travel, salah satu travel umrah, pada Sabtu lalu memberangkatkan sebanyak 375 jemaah dari Bandara Kertajati menuju Madinah (Arab Saudi).

Ratusan jemaah tersebut diberangkatkan dengan pesawat Lion Air berjenis Airbus A330-300 dengan kode penerbangan JT 068 yang lepas landas sekira pukul 13.15 WIB. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut hadir melepas keberangkatan jemaah.

CEO dan Founder Samira Travel Fauzi Wahyu Muntoro menjelaskan, 375 jamaah umrah tersebut berasal dari Jawa Barat seperti Kawarang, Purwakarta, Bandung, dan Jawa Tengah bagian barat.

Menurut Fauzi, tingginya animo masyarakat Jawa Barat membuat pihaknya bersemangat dan akan terus memberangkatkan jemaah dari Bandara Kertajati sebulan dua kali.

“Hal ini membuktikan kami ingin terus berkontribusi dengan mengedepankan penerbangan lebih efisien waktu, tenaga dan biaya,” ujarnya melalui siaran pers, dikutip Senin (28/11/2022).



Menhub Budi Karya mengatakan, adanya penerbangan umrah yang langsung dari Bandara Kertajati akan memudahkan orang Jawa Barat khususnya masyarakat sekitar untuk terbang umrah. “Jadi mereka tidak perlu jauh-jauh ke Soeta (bandara Soekarno-Hatta),” tukasnya.

Menhub menambahkan, penerbangan umrah dari Bandara Kertajati juga untuk memperlancar pelaksanaan perjalanan udara untuk ibadah umrah yang disesuaikan kebutuhan pasar dan perkembangannya dari Indonesia.

Dihadiri Menhub, Travel Umrah Mulai Berangkatkan Jemaah dari Bandara Kertajati


Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keselamatan dan Konektivitas Maria Kristi Endah mengungkapkan, masyarakat Jawa Barat memiliki minat umrah yang besar.



Ditunjang dengan fasilitas Bandara Kertajati yang lengkap dan luas, dia berharap keberadaan bandara ini bisa memberikan dampak positif yang akan berkontribusi bagi perekonomian nasional. Maria juga mengharapkan, lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati dapat semakin meningkat ke depannya.

“Maskapai yang beroperasi juga bertambah, rute dari Bandara Kertajati ke seluruh bandara di Indonesia semakin bertambah. Bandara ini dapat berfungsi dengan baik untuk membuka konektivitas,” tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)