Catatkan Kinerja Kuat, Pendapatan MSIN Melesat 122%

Selasa, 29 November 2022 - 20:08 WIB
loading...
Catatkan Kinerja Kuat, Pendapatan MSIN Melesat 122%
MSIN mencatatkan kinerja gemilang di 9 bulan tahun ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT MNC Digital Entertainment Tbk (IDX: “ MSIN ” atau “Perseroan”), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (IDX: “ MNCN ”), menunjukkan kinerjanya yang kuat dengan menghasilkan pendapatan sebesar Rp2.912 miliar untuk 9M-2022, mewakili peningkatan sebesar 122% YoY. Sementara itu, pada Q3-2022, pendapatan Perseroan bertumbuh sebesar 191% menjadi Rp981 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.



Konten

Kinerja konten juga kerap menunjukkan peningkatan yang konsisten. Sampai dengan September 2022, Perseroan telah berhasil membukukan pendapatan konten sebesar Rp1.826 miliar, meningkat sebesar 23% YoY dari Rp1.479 miliar pada tahun lalu. Pada Q3-2022, pendapatan konten MSIN mencapai Rp612 miliar, meningkat 35% YoY dibandingkan dengan Q3 -2021.

Digital

Lini bisnis media digital dan hiburan Perseroan terbukti merupakan sebuah kekuatan yang harus diakui karena telah berhasil menghasilkan pendapatan hampir empat kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Pada 9M-2022, pendapatan digital MSIN telah mencapai Rp1.144 miliar, peningkatan yang sangat signifikan, yaitu sebesar 290% YoY. Hal tersebut disebabkan oleh kinerja platform MSIN yang solid dari AVOD Superapp RCTI+, tujuh portal online, dan juga dengan memonetisasi platform media sosial berkelanjutan Perseroan.

Subscription

Selain itu, dengan konsolidasi Vision+ ke dalam MSIN yang terjadi di awal tahun 2022, Perseroan mendapatkan tambahan aliran pendapatan baru sebesar Rp417 miliar untuk 9M-2022. Sementara pada Q3-2022, pendapatan subscription meningkat sebesar 10,8% QoQ dari Q2-2022.

Beban Langsung

Pada 9M-2022, beban langsung Perseroan meningkat sebesar 109% YoY menjadi Rp1.904 miliar. Kenaikan ini disebabkan oleh biaya-biaya yang terkait dengan konsolidasi Vision+, RCTI+, dan tujuh portal online ke dalam MSIN, serta peningkatan pada volume produksi konten.

EBITDA dan Laba Bersih

EBITDA Perseroan mengalami peningkatan sebesar 141% YoY pada 9M-2022 menjadi Rp759 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp316 miliar. Ini mewakili margin EBITDA sebesar 26%. Sementara itu, Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp388 miliar pada 9M-2022, meningkat sebesar 83% YoY dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Games & E-Sports

Pada tanggal 23 November 2022, Perseroan telah merilis games MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) pertamanya yang disebut "Fight of Legends". Game ini diharapkan menjadi salah satu pendorong utama Perseroan di masa mendatang, karena tidak hanya dapat diakses di dalam negeri, tetapi akan tersedia di luar negeri mulai tahun 2023 nanti.

Movieland

Selain itu, Movieland, fasilitas studio terintegrasi milik Perseroan yang sangat dinantikan telah menyelesaikan konstruksi tahap pertama dan secara resmi akan dibuka mulai tanggal 14 Desember 2022. Movieland akan dilengkapi dengan fasilitas yang berkelas untuk membantu memaksimalkan kualitas konten, serta meningkatkan efisiensi untuk mendukung kinerja Perseroan dan industri film nasional.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) MSIN

Selain itu, MSIN telah menyelenggarakan RUPSLB dan semua agenda telah disetujui oleh para pemegang sahamnya. Pada RUPSLB tersebut disetujui rencana Perseroan untuk melakukan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) dan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) serta menyetujui perubahan susunan Dewan Komisaris.

AVOD Superapp - RCTI+ & SVOD Superapp - Vision+

RCTI+ adalah superapp berbasis iklan milik Perseroan. Aplikasi ini memiliki lima fitur konten, yang terdiri dari Video, Berita, Audio, Hot+ (format pencarian bakat versi digital), dan TREBEL Music sebagai solusi hiburan berbasis streaming. Pada bulan September 2022, pengguna aktif bulanan RCTI+ telah mencapai 65,8 juta.

Vision+ adalah superapp berbasis langganan milik Perseroan. Aplikasi ini menawarkan konten video (streaming linear, VOD eksklusif, dan konten orisinil), games kasual, dan berbagai konten UGC melalui Klaklik. Vision+ memiliki rangkaian konten lokal VOD premium eksklusif yang ekstensif dengan lebih dari 18.000 jam konten, dan lebih dari 110 saluran linear (lokal dan internasional) dengan fitur catch up. Pada bulan September 2022, Vision+ telah memiliki 2,5 juta pelanggan dan 49 juta pengguna aktif bulanan.

Saat ini Perseroan sedang mempertimbangkan aksi merger antara RCTI+ dan Vision+ untuk menghadapi keadaan industri streaming yang kompetitif, dimana dengan lebih banyak variasi konten dapat mendukung Perseroan untuk menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan durasi konsumsi pengguna pada superapp tersebut.

Portal Umum dan Berita

Perseroan memiliki tujuh portal online, yaitu okezone.com (portal umum dan berita), sindonews.com (informasi/berita mendalam), iNews.id (informasi, berita nasional dan regional), idxchannel.com (ekonomi, bisnis, keuangan, dan pasar modal), celebrities.id (informasi dan berita hiburan), sportstars.id (berita olahraga dalam dan luar negeri), dan terakhir, BuddyKu, yang kontennya berasal dari portal online milik MSIN, publisher-publisher lain, dan konten dihasilkan oleh pengguna. Saat ini, portal online ini telah memiliki pengguna aktif bulanan kolektif sekitar 85,5 juta.

Media Sosial

Perseroan secara konsisten mendominasi performa media sosial dengan menghasilkan 1,5 - 2 miliar views setiap bulan. Pada bulan September 2022, YouTube MSIN telah berhasil memiliki lebih dari 178 juta subscribers (termasuk jaringan MCN-nya) dengan hampir 60 miliar views . Sementara itu, di Facebook dan TikTok, Perseroan telah memiliki lebih dari 64 juta subscribers dan 267 juta followers.



"Kami sangat senang dengan kinerja MSIN pada 9M-2022. Kami yakin bahwa Perseroan akan senantiasa memberikan kinerja yang solid di sisa tahun ini. Bisnis konten Perseroan terus mengalami penguatan secara konsisten dan membuktikan kemampuannya untuk menghasilkan program-program berkualitas di berbagai platform. Prospek bisnis digital kami juga memberikan hasil yang sangat positif, dan hal ini terlihat melalui kemampuannya dalam memberikan peningkatan pendapatan hampir empat kali lipat dibandingkan tahun lalu. Selain itu, lini bisnis gaming Perseroan, PT Esport Star Indonesia telah resmi merilis Games MOBA pertamanya pada 23 November 2022. Games ini tidak hanya tersedia di Tanah Air, tetapi juga akan dapat di akses di seluruh dunia. Hal tersebut adalah hal yang sangat menarik bagi kami, terutama dengan meningkatnya permintaan pada industri games di manca negara," kata Hary Tanoesoedibjo, Direktur Utama MSIN dan Executive Chairman MNC Group.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3307 seconds (0.1#10.140)