Indonesia Diyakini Mampu Atasi Resesi, Wakil Ketua Umum IAEI Ungkap Dasarnya

Selasa, 29 November 2022 - 19:15 WIB
loading...
Indonesia Diyakini Mampu Atasi Resesi, Wakil Ketua Umum IAEI Ungkap Dasarnya
Ancaman serta dampak resesi ekonomi global yang diprediksi terjadi di tahun 2023 perlu diwaspadai oleh setiap negara. Lantas bagaimana dengan Indonesia?. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ancaman serta dampak resesi ekonomi global yang diprediksi terjadi di tahun 2023 perlu diwaspadai oleh setiap negara. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Seorang ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi .

Baca Juga: Indonesia dan Ancaman Resesi Global

Tingkat konsumsi rumah tangga yang tinggi menjadi pondasi pertumbuhan ekonomi dalam negeri hadapi resesi. "Melihat kondisi ekonomi dalam negeri saya optimis situasi ekonomi Indonesia tetap terkendali," ungkap Munifah dalam keterangannya.

Munifah yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) ini menjelaskan Indonesia bisa belajar dari kisah Nabi Yusuf dalam menghadapi ancaman krisis ekonomi di Mesir. Kala itu Mesir mampu menghadapi resesi dengan mengantisipasi tanda dan gejala resesi sejak awal.

"Pada zaman Nabi Yusuf itupun telah terjadi resesi ekonomi dan jauh sebelum terjadinya resesi ekonomi, Yusuf dan kaumnya pun telah membaca dan mengenali informasi tanda terjadinya resesi," ujarnya.

Sebagai bentuk antisipasi dari ancaman resesi, Mesir akhirnya memilih untuk mempersiakan diri dengan meningkatkan produksi pangan di dalam negeri. Selain itu Mesir juga menghemat pengeluaran negara dengan tidak menghamburkan anggaran negara. Serta menyimpan cadangan produksi untuk kebutuhan resesi yang sebelumnya telah diprediksikan.

"Saya pikir, kisah Yusuf itu cukup sebagai gambaran bagaimana ekonomi Islam menghadapai terjadinya resesi di masa mendatang. Namun demikian InsyaAllah Indonesia tetap terkendali," ungkapnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Ancaman Resesi Global terhadap Negara Pengutang

Munifah merupakan lulusan terbaik Doktor Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidyatullah. Dirinya bersyukur di tengah kesibukannya mampu menyelesaikan studinya dengan predikat cumlaude.

Indonesia Diyakini Mampu Atasi Resesi, Wakil Ketua Umum IAEI Ungkap Dasarnya
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1666 seconds (10.177#12.26)