Menteri PUPR Tindak Lanjuti Minat Jepang Investasi di IKN Nusantara

Rabu, 30 November 2022 - 09:32 WIB
loading...
Menteri PUPR Tindak Lanjuti Minat Jepang Investasi di IKN Nusantara
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan 12 delegasi dari Jepang untuk menindaklanjuti minat investasi di IKN Nusantara. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan 12 delegasi dari Jepang untuk menindaklanjuti minat investasi di IKN Nusantara.

Saat ini, pihaknya telah melakukan pembangunan infrastruktur dasar di IKN dasar seperti akses jalan, penyediaan air baku melalui pembangunan bendungan sepaku, penyiapan lahan siap bangun (land development) dan lainnya.

"Para investor tidak perlu ragu dalam memperoleh izin untuk pembangunan di IKN. Saya lihat perwakilan perusahaan yang hadir pada siang ini sudah sangat relevan dengan pembangunan IKN," ujar Basuki melalui pernyataan tertulisnya, Rabu (30/11/2022).


Menurut dia pembangunan IKN tidak hanya sekadar memindahkan kantor-kantor pemerintah, tetapi juga untuk merubah cara kerja dalam mempermudah kegiatan. Terkait dengan partisipasi investor, pemerintah mengharapkan juga investor asing dapat terlibat misalnya untuk membangun rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya.

"Direncanakan pada kuartal III 2023 Presiden Jokowi akan bertemu dengan para investor IKN yang berminat dan menentukan ikut pembangunan pada bagian apa di IKN secara detail," lanjut Basuki.



Penasihat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi mengatakan, 12 perusahaan besar yang bertemu adalah mereka yang bergerak dalam pembangunan infrastruktur dengan spesialisasinya masing-masing.

"Pemindahan IKN di Indonesia merupakan topik yang hangat bagi kami di Jepang, kami menantikan tindak lanjut dari pertemuan hari ini," kata Hiroto Izumi.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)