Cermat Mengatur Keuangan di Tengah Godaan Belanja Online, Jangan Lupa Nabung!

Rabu, 30 November 2022 - 09:19 WIB
loading...
Cermat Mengatur Keuangan di Tengah Godaan Belanja Online, Jangan Lupa Nabung!
Ilustrasi foto/pexels/cottonbro
A A A
JAKARTA - Pernyataan sejumlah lembaga keuangan global terkait meningkatnya risiko resesi ekonomi di 2023 membuat masyarakat tersadar akan pentingnya mengatur keuangan dan memiliki dana cadangan seperti tabungan.

Mengatur keuangan secara tertib sangat penting agar tidak merugi atau kelabakan di kemudian hari saat ada kondisi darurat. Selain menabung dan investasi, perencanaan keuangan bisa dilakukan secara digital melalui beragam aplikasi pengaturan keuangan. Namun, perhatikan juga faktor keamanannya agar terhindar dari sasaran pelaku kejahatan siber.

Dalam webinar bertajuk “Atur Keuanganmu! Gaji Aman, Belanja Online Lancar” yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (21/11), Relawan TIK Bojonegoro Solikhin memaparkan, meningkatnya penggunaan internet di Indonesia turut mendongkrak jumlah penabung di bank digital.

Lembaga Penjamin Simpanan melaporkan, pada Mei 2022 jumlah rekening simpanan di bank digital mencapai 38,2 juta. Tak hanya itu, aktivitas belanja daring atau online pun meningkat, terutama saat pandemi, di mana sebanyak 43,2 % responden mengaku berbelanja secara online selama pandemi.

Oleh sebab itu, kata Solikhin, pengaturan keuangan sangat penting agar menabung dan berbelanja bisa tertib dan teratur. Mengatur keuangan, menurut dia, adalah dengan menyusun anggaran keuangan terlebih dahulu. Berapapun penghasilan yang diperoleh, penting untuk selalu mengalokasikannya dengan tepat.

“Ada beberapa aplikasi pengaturan keuangan yang bisa digunakan, seperti Wallet, Finansialku, Money Lover, Teman Bisnis, Google Sheet, atau Buku Warung,” terang dia dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, dikutip Rabu (30/11/2022).



Dia juga mengingatkan untuk memprioritaskan kebutuhan yang penting dan mendesak. Kebutuhan tersebut adalah kebutuhan dasar seperti pangan, pakaian, dan tempat tinggal.

Sementara keinginan yang bukan merupakan kebutuhan dasar, seperti mainan, barang bermerek, dan sejenisnya, bisa ditunda pembeliannya.

“Jangan lupakan menabung. Berapapun penghasilan yang diperoleh, pastikan ada alokasi untuk menabung. Yang ideal, besaran rata-rata menabung adalah 10-20% dari penghasilan yang diterima,” saran dia.

Tak hanya menabung, lanjut Solikhin, investasi juga wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, terutama diperlukan saat pensiun atau tidak lagi bekerja. Hal lain yang patut dilakukan adalah menyiapkan dana darurat yang dibutuhkan sewaktu-waktu dalam kondisi tertentu.

Pada acara yang sama, Trainer Cahaya Madani Indonesia Titin Chomariah mengatakan, agar tidak boros dan kuat menghadapi cobaan berbelanja online, anggaran belanja harus disusun dan dijalankan dengan disiplin.

Cara lainnya adalah menunggu ada promo yang menawarkan harga lebih murah. Selain itu, bisa juga dengan mencari produk yang pengirimannya bebas biaya atau ongkos kirim.

“Memang banyak sekali godaan berbelanja online, seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), kemudian promo menarik dan unik, serta testimoni dari sejumlah pembeli lain,” tukasnya.



Sementara itu, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Olivia Lewi Pramesti mengingatkan pentingnya menjaga keamanan perangkat digital selama berbelanja online ataupun menabung secara digital.

Menurut dia, pengaturan keamanan dan kewaspadaan harus dilakukan sebagai mitigasi agar tidak menjadi korban kejahatan siber seperti pencurian data, phishing, atau serangan malware yang dipasang pelaku pada perangkat digital yang kita gunakan.

Lebih lanjut, dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Kominfo diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif di era industri 4.0.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)