Kinerja Tumbuh Pesat, MNC Land Bangkit dengan Masa Depan Menjanjikan

Kamis, 01 Desember 2022 - 08:00 WIB
loading...
Kinerja Tumbuh Pesat, MNC Land Bangkit dengan Masa Depan Menjanjikan
PT MNC Land Tbk (Perseroan atau KPIG) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif pada kinerja keuangannya yang berakhir pada 30 September 2022. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT MNC Land Tbk (Perseroan atau KPIG) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif pada kinerja keuangannya yang berakhir pada 30 September 2022. Pendapatan KPIG naik signifikan dari Rp 499,9 miliar pada 9M-2021 menjadi Rp 748,9 miliar pada 9M-2022 (year on year/YoY) atau sebesar 49,8% terutama didorong oleh pendapatan yang meroket di segmen hotel, resor dan golf sebesar 357,6%, dari Rp 63,8 miliar menjadi Rp 291,9 miliar YoY, serta segmen apartemen dan properti lainnya yang melonjak lebih dari dua kali lipat, dari Rp 3,2 miliar menjadi Rp 7,7 miliar YoY.

"MNC Land berhasil menunjukkan kinerja positif dan masih akan terus menanjak. Berbagai proyek unggulan yang sedang kami rampungkan membuat KPIG memiliki ruang untuk berkembang yang masih sangat besar. Kebangkitan sektor pariwisata dan hospitality di Indonesia mendukung kemajuan Perseroan, serta bagaimana KPIG memanfaatkan momentum untuk mendorong
pembangunan di masa pandemi dan bangkit lebih kuat, menjadi bukti semakin dewasanya MNC Land yang menginjak usia ke-15 tahun ini. Melalui kehadiran Park Hyatt Jakarta yang semakin ramai dikunjungi tamu domestik maupun mancanegara, serta terpilihnya The Westin Resort Nusa Dua, Bali menjadi venue perhelatan G20 dan B20 Summit di Bali tahun ini, menunjukkan bahwa KPIG pantas mewakili pariwisata Indonesia untuk bersaing di ranah global. Ke depannya, KPIG akan memastikan percepatan pembangunan beragam karya ikonik di beberapa wilayah Indonesia, mewujudkan prospek cerah Perseroan yang menjanjikan," tutur Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: MNC Land dan Next Hotel Yogyakarta, Santuni Anak-anak Panti Asuhan Bersama BMW Car Club Indonesia

Perseroan mencatat EBITDA sebesar Rp 126,5 miliar, mewakili 16,9% EBITDA margin. Hingga September 2022, KPIG membukukan laba usaha Rp 75,4 miliar, didominasi oleh penyewaan ruang perkantoran yang menyumbang Rp 62,3 miliar. Peningkatan operasional ini menghasilkan laba bersih Perseroan melambung 58,7% menjadi Rp 64,8 miliar pada 9M-2022 dari Rp 40,8 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Secara triwulanan, pendapatan KPIG menguat 22,7% dari Rp 249,0 miliar pada Q2-2022 menjadi Rp 305,5 miliar pada Q3-2022.

Sedangkan jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, pendapatan Perseroan melesat 93,2% dari Rp 158,1 miliar pada Q3-2021. Pandemi yang semakin terkendali tidak hanya mendorong masyarakat untuk kembali beraktivitas normal, melainkan juga semakin percaya diri untuk menikmati beragam hiburan dan pariwisata Tanah Air. Perseroan terus membangun dan mengembangkan sejumlah proyek unggulan, salah satunya KEK MNC Lido City yang merupakan Integrated Tourism Destination.

KEK MNC Lido City sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang terdekat dari Jakarta dengan pengembangan kawasan hunian, komersial, destinasi pariwisata, serta resor terintegrasi seluas 1.040 Ha dari total 3.000 Ha luas area di Lido, Jabodetabek. Berlokasi sekitar 60 kilometer dari Jakarta, KEK MNC Lido City dapat dicapai langsung melalui Tol Bocimi dengan waktu tempuh satu jam dari Jakarta. Berada di lokasi dengan ketinggian sekitar 600m di atas permukaan air laut dan dikelilingi oleh Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango. Saat ini, beberapa spot yang menjadi prioritas pembangunan yaitu MNC Park, Movieland, lapangan golf 18-hole berstandar World Championship, Lido Music & Arts Center, Lido
World Garden, dan Lido Lake Resort Extension.

Dua kali luas Universal Studio Singapura, MNC Park merupakan taman hiburan kelas dunia dengan teknologi canggih dan terbaik, yang akan membawa Anda untuk larut dalam cerita dan perjalanan dengan menampilkan 6 zona bertema, 18 wahana, 15 pertunjukan & atraksi, 18 gerai F&B, 21 gerai ritel, aula serbaguna, dan fasilitas lainnya. Movieland merupakan pionir kompleks produksi film dan video independen paling terintegrasi di Indonesia, hasil kerja sama dengan MNC Digital Entertainment. Menyediakan fasilitas produksi dan berbagai backlot untuk pembuatan film, Movieland ditargetkan mulai beroperasi pada tanggal 14 Desember 2022. Kehadiran Movieland akan mewarnai industri perfilman nasional dan menjadi daya tarik baru di kawasan KEK MNC Lido City.

Di samping itu, lapangan golf 18-hole berstandar World Championship direncanakan mulai dibuka pada H1-2023. Lapangan ini akan segera menjadi tujuan utama bagi pegolf dalam dan luar negeri, dilengkapi dengan fasilitas olahraga, hiburan, dan pemandangan hijau tak tertandingi dari pegununganpegunungan di Indonesia. Di sekitar lapangan juga akan dibangun private clubhouse dan villa yang diharapkan akan menjadi sumber penghasilan terbesar KPIG dalam 2-3 tahun ke depan. Begitu pula Lido Music & Arts Center yang merupakan world-class outdoor venue pertama di Indonesia untuk penyelenggaraan berbagai festival musik dan seni nasional maupun internasional, juga akan dirampungkan pada H1-2023, merespon tren festival dan konser luring yang makin ramai digelar di Tanah Air akhir-akhir ini.

Lido World Garden merupakan family edutainment garden berkelas dunia yang akan menghadirkan keindahan taman dan budaya
menakjubkan dari berbagai belahan dunia. Dikembangkan di atas lahan seluas 17 Ha, Lido World Garden menghadirkan konsep taman bunga yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan dan membawa wisatawan berpetualang menyaksikan landmark peradaban bersejarah dan ikonik.

Menjawab tingginya tingkat hunian hotel bintang lima Lido Lake Resort, 125 kamar tambahan Lido Lake Resort Extension sedang diselesaikan agar dapat beroperasi pada Q3-2023. Sebagai pihak yang ditunjuk Pemerintah untuk mengelola Danau Lido, KPIG juga mengembangkan Lido Adventure Park, kegiatan rekreasi air, ruang acara dan berbagai fasilitas pendukung.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1458 seconds (10.177#12.26)