5 Fakta Menarik Piala Dunia Qatar 2022, Salah Satunya Termahal Sepanjang Sejarah

Sabtu, 03 Desember 2022 - 21:00 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Piala Dunia Qatar 2022, Salah Satunya Termahal Sepanjang Sejarah
Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar memiliki beberapa fakta menarik salah satunya merupakan gelaran piala dunia termahal sepanjang sejarah. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar memiliki beberapa fakta menarik yang salah satunya merupakan gelaran piala dunia termahal sepanjang sejarah. Setiap gelaran piala dunia memang selalu memunculkan fakta fakta menarik bagi negara penyelenggaranya. Terlebih gelaran sepak bola terbesar tersebut saat ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan di timur tengah dan kedua kalinya diadakan di Asia.

Hal tersebut membuat Qatar sebagai tuan rumah tak setengah setengah dalam menjalankan gelaran piala dunia 2022 ini. Berikut 5 fakta menarik Piala Dunia 2022 di Qatar:

1. Piala Dunia dengan Jumlah Stadion yang Sedikit
Dilansir dari The Daily Star, Selain Argentina yang menjadi tuan rumah pada piala dunia 1978 yang hanya menyediakan enam stadion saja, Qatar juga menjadi salah satu yang paling sedikit dengan menyediakan delapan stadium. Dari delapan stadion tersebut hanya satu yang merupakan hasil renovasi sedangkan tujuh lainnya merupakan stadion baru yang sengaja dibuat untuk menyambut gelaran empat tahunan ini.

2. Jumlah Pengunjung
Fakta menarik berikutnya adalah terkait jumlah pengunjung yang akan mengunjungi negara tersebut selama piala dunia berlangsung. Diperkirakan bahwa piala dunia 2022 di Qatar akan mencatat rekor jumlah pengunjung. Alasan dibaliknya ialah karena Qatar menjadi salah satu negara Timur Tengah yang secara geografis terletak di tengah dunia. Sehingga termasuk tempat yang strategis untuk dijangkau tiap negara. Baca Juga: Daftar 14 Tim Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

3. Piala Dunia Termahal
Melansir dari Forbes, Menteri Keuangan Qatar mengungkapkan pada 2017 bahwa negaranya telah menghabiskan USD 500 juta dalam membangun proyek infrastruktur termasuk jalan, hotel, stadion, dan peningkatan kualitas bandara. Hal tersebut dilakukan demi menyambut piala dunia 2022. Qatar diperkirakan telah menghabiskan sebanyak USD 220 miliar sejak awal terpilihnya sebagai negara penyelenggara piala dunia pada 2010.

Jumlah tersebut lima kali lipat lebih banyak ketimbang yang diselenggarakan di Rusia pada 2018 lalu yang hanya mengeluarkan USD 11,6 miliar. Serta jauh lebih besar ketimbang Brazil yang hanya mengeluarkan dana USD 15 miliar menurut data dari DW. Piala Dunia Qatar 2022 dinobatkan sebagai gelaran pertandingan sepak bola dunia termahak di dunia.

4. Mobilitas yang Mudah
Qatar sebagai negara kecil membuat tiap kota berdekatan satu sama lain. Sehingga tidak perlu waktu lama untuk berpindah dari kota yang memang digunakan untuk menyambut piala dunia 2022 macam Doha, Lusail, Al Wakrah, dan Al Rayyan. Selain itu jarak antara dua stadion paling terpencil saja di Qatar Al Bayt dan Al Wakrah hanya sekitar 144 km. Hal tersebut tentu amat berbeda jauh dengan piala dunia sebelumnya di Rusia yang notabene memiliki wilayah yang luas. Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia 2022 di Fase Grup: Morata Panaskan Perburuan Sepatu Emas

5. Stadion Memiliki Pendingin
Qatar memang terkenal akan suhu panas yang ekstrim, tentu akan banyak pesepak bola dan pengunjung dari belahan bumi utara yang akan kepanasan bila harus bermain di negara tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut tuan rumah piala dunia ini menyediakan pendingin atau AC di setiap stadion yang digunakan demi menyediakan pengalaman menonton yang memuaskan. Tak heran bila negara ini banyak menggelontorkan dana untuk fasilitasnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3410 seconds (10.101#12.26)