PLN Siap Pasok Listrik Hilirisasi Industri Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik

Sabtu, 03 Desember 2022 - 23:00 WIB
loading...
PLN Siap Pasok Listrik Hilirisasi Industri Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendukung pemanfaatan potensi sumber daya alam (SDA) lewat hilirisasi industri. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendukung pemanfaatan potensi sumber daya alam (SDA) lewat hilirisasi industri dengan memasok listrik. Mengenai hal ini, PLN siap menjalankan instruksi presiden. Adapun pemerintah serius melakukan strategi besar yang dilakukan pemerintah terkait perekonomian negara dengan mendesain ekosistem kendaraan listrik. Indonesia memiliki hampir sumber daya yang dibutuhkan untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik.

“Bagaimana membangun sebuah ekosistem besar sehingga negara lain tergantung pada kita karena kita memiliki nikel, memiliki tembaga, memiliki bauksit, memiliki timah, dan potensi kita ini gede sekali,” kata dia, dikutip Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga: Produksi Energi Bersih, PLN Group Manfaatkan Co-firing Biomassa Gantikan Batu Bara

Dia menuturkan, Indonesia punya potensi yang sangat besar untuk membangun ekosistem kendaraan listrik, utamanya dalam membuat baterai listrik. Dia menyebut, cadangan nikel Indonesia nomor satu di dunia, timah nomor dua di dunia, bauksit nomor enam di dunia, dan tembaga nomor tujuh di dunia. Adapun tantangannya, yakni mengintegrasikan bahan-bahan tersebut lantaran posisinya tersebar di Indonesia.

“Mengintegrasikan ini sebuah barang yang tidak gampang, sehingga jadi sebuah ekosistem. Inilah yang terus saya mati-matian, harus jadi. Karena inilah yang akan melompatkan kita, menuju ke peradaban yang lain,” ujarnya.

Dia meyakini ketika ekosistem kendaraan listrik terbentuk, maka investasi akan datang dengan sendirinya ke Indonesia. Menurutnya, Indonesia terbuka terhadap hal tersebut asal para investor turut menggandeng perusahaan swasta BUMN.

“Kalau ini jadi, perkiraan saya (tahun) 2026, 2027 lompatan ini akan kelihatan, akan berbondong-bondong masuk karena industri otomotif ke depan, baik itu sepeda motor listrik, mobil listrik, itu akan menggantikan mungkin lebih dari 50 persen dari demand pasar yang ada. Inilah yang harus kita tangkap. Inilah kekuatan besar kita nanti," tuturnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah berada dalam jalur yang tepat. Karena itu, arahan dan kebijakan Presiden Jokowi menjadi faktor penting sehingga iklim investasi dan pemulihan ekonomi berjalan dengan kondusif.

"Di sini PLN siap untuk all out mengisi ekosistem yang sudah Presiden perjuangkan. Kami siap memanfaatkan setiap kesempatan yang bapak berikan kepada kami," ujarnya.

PLN juga berkomitmen mendukung hilirisasi industri dengan menyediakan pasokan listrik yang andal. “Industri smelter merupakan salah satu proyek nasional untuk mendukung hilirisasi industri, karenanya kami siap untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi para pengembang bisnis di Indonesia dengan kualitas andal dan harga yang kompetitif. Pelaku industri dapat fokus pada bisnisnya, untuk urusan listrik kami siap memenuhinya," ucapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1484 seconds (10.177#12.26)