Dukung Keberlanjutan UMKM, Program Damping Gelar Entrepreneur Most Festival 2022

Jum'at, 09 Desember 2022 - 15:37 WIB
loading...
Dukung Keberlanjutan UMKM, Program Damping Gelar Entrepreneur Most Festival 2022
Danone Indonesia menggandeng Kampus Bisnis Umar Usman menggelar talkshow dalam rangkaian acara Entrepreneur Most Festival 2022. Foto/Dok
A A A
TANGERANG - Di tengah transisi paska pandemi, saat ini resesi ekonomi global diperkirakan akan datang pada tahun 2023. Di tengah situasi ketidakpastian ekonomi yang kian meningkat, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menjadi salah satu sektor yang terdampak atau bahkan bisa menjadi penyelamat jika kehadirannya dapat dimaksimalkan.



Untuk itu, dukungan dan perhatian dari berbagai pihak terhadap pelaku UMKM sangat dibutuhkan. Melihat hal ini, Danone Indonesia menggandeng Kampus Bisnis Umar Usman menggelar talkshow dalam rangkaian acara “Entrepreneur Most Festival 2022”.

Kegiatan ini sekaligus menutup kegiatan pendampingan pada program Damping UMKM tahun 2022 yang bertujuan mendukung UMKM agar lebih maju dan berkembang. Acara ini dikemas dalam format Festival Bazaar dan talkshow bersama para narasumber yang berlokasi di Area Khadijah Learning Center, Kampus Bisnis Umar Usman.

Dalam agenda ini sekaligus dilakukan peluncuran area Damping Mart yang merupakan bagian dari fasilitas di area Damping HUB sebagai area berkumpulnya para pelaku UMKM.Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Christina Agustin yang mewakili Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengatakan, sangat mengapresiasi program Damping ini, dimana program ini diimplementasikan dan berdampak pada masyarakat.

"Berbicara tentang pendampingan, start-up, dan UMKM naik kelas , memang sudah sepantasnya melalui lembaga inkubator, karena melalui proses inkubator itulah pelaku usaha dapat untuk tangguh dan siap menghadapi tantangan bisnis. Pemerintah dalam hal ini terus mendorong bagi seluruh pelaku usaha untuk terus bertumbuh karena hal ini membantu mewujudkan Indonesia yang lebih maju di tahun 2030," ucap Christina.



Selama tahun 2022, program Damping dilaksanakan dalam beberapa bentuk kegiatan diantaranya webinar edukasi bisnis, pendampingan bisnis intensif, pelatihan tematik, inkubator bisnis, coaching clinic, akses dan layanan bisnis serta layanan jejaring.

Program pendampingan eksklusif fokus kepada peningkatan kapasitas UMKM melalui penguatan mindset kewirausahan, memperkokoh fundamental usaha yang dimiliki melalui penguatan produk (SWOT), desain dan branding, analisa pasar serta perbaikan sistem usaha seperti keuangan, media sosial dan marketing. Sampai dengan saat ini program Damping telah menebar manfaat kepada lebih dari 5.000 wirausaha dan 2.300 alumni dari program pendampingan.

Walikota Tangerang Selatan, H. Pilar Saga yang diwakilkan oleh Warman Syanudin selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan, M.Si menyampaikan, sangat berterima kasih atas adanya program Damping ini karena memberikan dampak pada penerima manfaat sebanyak lebih dari 5000 orang, dimana mewakili dari kota Tangerang Selatan merupakan yang paling banyak merasakan dampak manfaat dari adanya program ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)