Luhut: Pernikahan Kaesang-Erina Membawa Kebahagiaan Bagi Seluruh Warga Yogyakarta-Solo

Selasa, 13 Desember 2022 - 00:46 WIB
loading...
Luhut: Pernikahan Kaesang-Erina Membawa Kebahagiaan Bagi Seluruh Warga Yogyakarta-Solo
Menko Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan pengalaman bagaimana acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi pesta rakyat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan pengalaman bagaimana acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi pesta rakyat. Menurutnya pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah membawa kebahagiaan bagi warga Yogyakarta dan Solo .

"Pernikahan keduanya tidak hanya membawa kebahagiaan bagi keluarga kedua mempelai, tetapi juga membawa kebahagiaan bagi seluruh warga Yogyakarta-Solo," ujar Menko Luhut dalam postingan instagram pribadinya @luhu.pandjaitan dikutip, Senin (11/12/2022).

Lebih lanjut, Menjo Luhut juga mengatakan, pernikahan keduanya juga memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar.

"Dari mulai pemilik PO Bus lokal, pemilik UMKM seperti pedagang makanan, jasa laundry, parkir, sampai pengerajin lokal yang membuat souvenir pernikahan kedua mempelai, ikut merasakan kebahagiaan karena dagangan dan jasa mereka habis terbeli oleh para tamu dan panitia penyelenggara acara," katanya.

"Dan ini adalah bukti bahwa perekonomian Indonesia terus bergerak," tambahnya.

Menko Luhut mencertikan bahwa selama tiga hari dirinya ditugaskan untuk mengisi agenda di Yogyakarta-Solo. Dia mendapati, bahwa pernikahan Kaesang-Erina merupakan pesta rakyat yang tidak hanya menjamu para ramu undangan saja tetapi juga seluruh rakyat Indonesia bisa melihat dan menikmati bagaimana budaya Indonesia dijunjung tinggi dalam acara tersebut.

"Saya amati setiap kali momen pernikahan putra-putri Presiden Joko Widodo, selalu menampilkan budaya dan tradisi yang selama ini sering dilupakan karena tergerus oleh tempaan zaman. Ini adalah hal yang bagus karena sebagai anak muda, mereka menjadi contoh bagi anak-anak muda lain di Indonesia bahwa setinggi apapun pendidikan maupun status sosialmu, jangan pernah lupa pada budaya dan tradisi bangsa mu sendiri," katanya.



Menko Luhut beserta istri mengaku merasa bangga karena ikut diundang dalam momen-momen penting keluarga dari mulai acara “siraman” sampai “ngunduh mantu” yang menurutnya berlangsung sangat hangat dan sakral.

"Selamat berbahagia dan menempuh hidup baru bagi kedua mempelai @kaesangp dan @erinagudono, teladanilah kehidupan rumah tangga kedua orang tua kalian. Semoga Tuhan YME selalu melimpahkan kasih sayang dan berkat dalam cinta yang sudah kalian pertautkan," ucap Menko Luhut.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)