Kelangkaan Pesawat Saat Nataru Bisa Bikin Harga Tiket Melesat

Rabu, 14 Desember 2022 - 17:13 WIB
loading...
Kelangkaan Pesawat Saat Nataru Bisa Bikin Harga Tiket Melesat
Indonesia dilanda kelangkaan pesawat saat Nataru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indonesia mengalami kelangkaan pesawat terbang saat libur panjang Natal 2022 dan tahun baru 2023 ( Nataru ). PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I khawatir kelangkaan itu membuat harga tiket pesawat menjadi mahal.



Direktur Utama AP I Faik Fahmi menyebut, jumlah pesawat yang beroperasi saat ini minim. Tercatat hanya ada 402 pesawat yang dioperasikan, atau baru 62% dari jumlah pesawat yang beroperasi pada periode Nataru 2019, yakni 650 armada.

"Ini saya kira yang akan menjadi isu dalam pelaksanaan Nataru. Keterbatasan jumlah pesawat sehingga menimbulkan harga tiket cenderung tinggi, karena demand-nya kuat tapi pesawat yang dioperasikan masih sangat terbatas," ujar Faik dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Rabu (14/12/2022).

Faik mengaku Kementerian Perhubungan meminta agar Angkasa Pura I mengambil langkah strategis agar harga tiket tidak mengalami kenaikan. Kedua pihak pun terus berkoordinasi.

"Ini juga jadi isu yang kemarin dibahas dengan Kemenhub, kita diminta untuk memastikan agar bisa menjaga tarif batas atas. Jadi kita diminta ikut mengontrol tarif batas atas agar harga tiket tidak dijual terlalu mahal atau melewati batas yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan," katanya.



Dari sisi jumlah armada yang dioeprasikan, lanjut Faik, ada permasalahan pesawat karena masih terkena dampak pandemi Covid-19. Berdasarkan catatan, berikut daftar pesawat yang beroperasi saat ini:

- Garuda Indonesia (GA): 55 Unit
- Lion Air (JT): 91 Unit
- Citilink (QG): 48 Unit
- Pelita Air (IP): 3 Unit
- Batik Air (ID): 63 Unit
- Susi Air (SI): 24 Unit
- AirAsia (QZ): 17 Unit
- Sriwijaya Air (SJ): 5 Unit
- Nam Air (IN): 2 Unit
- Trans Nusa (8B): 3 Unit
-Wings Air (IW): 50 Unit
- Trigana Air (IL): 4 Unit
-Super Air Jet (IU): 37 Unit

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)