Surplus Neraca Perdagangan November Diprediksi Melandai ke USD5,18 Miliar

Kamis, 15 Desember 2022 - 07:20 WIB
loading...
Surplus Neraca Perdagangan November Diprediksi Melandai ke USD5,18 Miliar
Surplus neraca perdagangan RI bulan November 2022 diprediksi lebih rendah dari bulan sebelumnya. Ilustrasi foto/pexels/tom fisk
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini akan mengumumkan kinerja ekspor-impor dan neraca perdagangan Indonesia untuk bulan November 2022.

Terkait hal itu, Ekonom Bank Permata Josua Pardede memprediksi neraca dagang akan mengalami surplus USD5,18 miliar, lebih rendah dari surplus neraca dagang pada bulan sebelumnya yang mencapai USD5,67 miliar. Surplus neraca perdagangan barang pada November 2022 didorong oleh nilai ekspor yang lebih besar dari nilai impor.

"Kinerja ekspor diperkirakan berkisar 10,37% secara tahunan, sementara impor diperkirakan tumbuh 3,65% secara tahunan," paparnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), dikutip Kamis (15/12/2022).

Dia melanjutkan, kinerja ekspor ditopang oleh kenaikan harga komoditas seperti minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang mencatatkan kenaikan rata-rata 9,38% secara bulanan (month-to-month/mtm) sepanjang bulan November meskipun harga komoditas ekspor lainnya seperti batu bara tercatat turun 10,73% mtm.



Adapun dari sisi volume ekspor cenderung meningkat terbatas, terindikasi dari peningkatan aktivitas manufaktur dari mitra dagang utama RI seperti negara-negata di kawasan Eropa, China, India dan Korea Selatan (Korsel).

Potensi peningkatan ekspor Indonesia ke China juga tampak dari data bea cukai China yang mengindikasikan peningkatan impor China dari Indonesia.



Sementara dari sisi impor, Josua memperkirakan kinerja impor akan ditopang oleh impor non-migas mengingat aktivitas manufaktur domestik masih tercatat dalam fase ekspansif.

"Impor migas cenderung menurun terbatas terindikasi dari rata-rata harga minyak mentah global yang turun sepanjang bulan November," tutup Josua.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)