Makna Kode 31 dan 34 di SPBU Pertamina, Ada Hubungan dengan Takaran?

Jum'at, 16 Desember 2022 - 10:05 WIB
loading...
Makna Kode 31 dan 34 di SPBU Pertamina, Ada Hubungan dengan Takaran?
SPBU Pertamina ternyata ada yang dikolola atau dimiliki swasta. Foto/EkoPurwanto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Stasiun pengisian bahan bakar umum ( SPBU ) Pertamina semuanya tampak sama. Baik logo ataupun komposisi warna di unit bangunan hingga seragam karyawan pun sama.



Namun jika ditelisik lebih detail, akan ditemukan pembeda. Kode pembeda itu berupa angka yang ada di papan totem atau harga.

Kode angka itu juga yang menjadi pembeda kepemilikan sebuah SPBU Pertamina . Pasalnya, tidak semua SPBU Pertamina milik BUMN migas itu. Ada juga pihak swasta yang memilikinya.

Pertamina memang memberi kesempatan kepada pihak swasta untuk membuka usaha SPBU. Skemanya mirip-mirip waralaba di industri makanan dan minuman.

Mengutip laman MyPertamina, ada tiga jenis SPBU Pertamina yang didasarkan pada kepemilikan dan pengeolalaan. Pertama, skema COCO (corporate owner corporate operate), jenis SPBU ini merupakan pom bensin yang murni dimiliki dan dikelola sepenuhnya oleh Pertamina.

Skema kedua, CODO (corporate owner dealer operate), yaitu SPBU yang dimiliki oleh Pertamina tetapi dikelola oleh pihak swasta. Dan terakhir, DODO (dealer owner dealer operate) yang merupakan SPBU, baik kepemilikan maupun pengelolaan sepenuhnya dilakukan oleh pihak swasta.

Jenis-jenis kepemilikan SPBU itu diungkap lewat kode-kode angka yang ada di papan harga atau informasi. Jika kita mengamati sebuah SPBU pasti akan menemukan angka-angka dimaksud.

Dua angka yang berada di awal kode-kode tersebut menjadi penentu informasi kepemilikan dan juga lokasi sebuah SPBU Pertamina. Misal, kode angka sebuah SPBU di Depok, Jawa Barat, adalah 31.XXXXX. Nah angka 3 di awal merupakan kode wilayah yang mencakup DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

SPBU yang berlokasi di Sumatra tentu saja kodenya pun berbeda, sebab penentuan kode itu berdasarkan wilayah kerja regional Pertamina. Di Sumatra, wilayah kerja terbagi dalam dua wilayah, yakni regional 1 dan 2. Untuk Kalimantan kode yang berlaku adalah 6, Sulawesi 7, dan Papua 8.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)