Toko Kelontong Rayakan Kesuksesan Beri Kontribusi Rp69,3 Triliun

Minggu, 18 Desember 2022 - 18:55 WIB
loading...
Toko Kelontong Rayakan Kesuksesan Beri Kontribusi Rp69,3 Triliun
Pesta Retail Batavia yang digelar SRCIS. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) senantiasa mendukung transformasi dan digitalisasi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC). Dukungan itu terbukti memberikan dampak positif, khususnya menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi UMKM .



Kini ada lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing. Mereka akan siap bersaing sesuai kebutuhan zaman dan turut mendukung perekonomian Indonesia.

Dalam rangka merayakan kesuksesan toko kelontong, SRC memberi dampak positif bagi masyarakat, SRCIS menggelar Pesta Retail Batavia di Lapangan Rindam Jaya Condet, Jakarta, 17 Desember 2022. Pesta Retail Batavia juga dimeriahkan oleh Jhony Iskandar, Orkes Nunung, Bebizie, dan Repvblik. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian pesta retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.

Pesta retail di seluruh Indonesia ini juga mendapat dukungan pemerintah daerah setempat. Turut hadir di Lapangan Rindam Jaya Condet, antara lain, Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat, dan Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan Septo Soepriyatno.

“Saya menyambut dengan bangga dan mengapresiasi Pesta Retail Batavia. SRC membawa misi yang mulia untuk memajukan UMKM, khususnya toko kelontong, dengan mengedukasi literasi digital. Kami berharap semoga kolaborasi dan kerja sama antara SRC dan seluruh pemangku kepentingan terus berjalan secara konsisten dalam memajukan UMKM,” kata Septo, dalam keterangannya, Minggu (18/12/2022).

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional.

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1% terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)