Airlangga Sebut Banyak Negara Apresiasi RI Sukses Tangani Covid-19

Selasa, 20 Desember 2022 - 21:38 WIB
loading...
Airlangga Sebut Banyak Negara Apresiasi RI Sukses Tangani Covid-19
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan banyak negara mengapresiasi Indonesia karena sukses menangani Covid-19. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan banyak negara mengapresiasi Indonesia karena sukses menangani Covid-19.

"Banyak negara G20 juga bertanya, bagaimana kita bisa sukses," ujar dia dalam acara peluncuran buku Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (20/12/2022).



Menurut Airlangga, tidak banyak negara yang lolos dari situasi pandemi dan mengembalikan kinerja ekonomi seperti sebelum Covid-19. Sementara Indonesia, dapat menjaga daya tahan ekonomi karena mampu mengendalikan laju inflasi November sebesar 5,42% year on year (yoy). Pertumbuhan ekonomi tercatat 5,72% (yoy) pada kuartal III, serta penanganan kasus harian juga terkendali dibawah 5.000 pasien per hari.

Pemerintah sejak awal mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2022 dan membentuk Komite Penanganan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dengan dua satgas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Ini kebijakan Bapak Jokowi, gas dan rem. Dan saya menganalogikan tim KPCPEN seperti kesebelasan seperti piala dunia kemarin. Kita banyak mengganti tanpa rapat, dan dalam dua tahun setiap tahun kita rapat, bahkan Sabtu dan Minggu, dan tentu evaluasi kesiapan rumah sakit dan oksigen," kata dia.



Diakui Airlangga, Indonesia memang sempat mengalami krisis oksigen. "Pak Menperin (Agus Gumiwang) juga pontang-panting. Kita sempat membantu India dengan oksigen dan kita dibantu India juga oksigen, dan sekarang beberapa alat untuk ventilator over production," ungkapnya.

Namun, dengan berbagai pengalaman Indonesia menghadapi pandemi covid, saat ini Indonesia mampu memproduksi vaksin sendiri, yaitu IndoVac. Dia optimistis Indonesia semakin memiliki kemampuan yang kuat dalam menangani kondisi pandemi di kemudian hari.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)