Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Bisa Bikin Nilai Produk Naik hingga Tiga Kali Lipat

Kamis, 22 Desember 2022 - 08:57 WIB
loading...
Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Bisa Bikin Nilai Produk Naik hingga Tiga Kali Lipat
Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong peningkatan pemanfaatan produk-produk kekayaan intelektual lokal dalam pemasaran barang dan jasa. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan ( Kemendag ) mendorong peningkatan pemanfaatan produk-produk kekayaan intelektual lokal dalam pemasaran barang dan jasa. Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Kasan mengatakan, potensi komersialisasi dari sebuah karakter kekayaan intelektual dapat meningkatkan nilai sebuah produk hingga tiga kali lipat.

“Berbagai produk kekayaan intelektual dapat dimanfaatkan sebagai strategi promosi produk- produk pelaku usaha maupun pemilik merek. Sebagai contoh, karakter atau tokoh kartun yang merupakan produk kekayaan intelektual dapat disertakan dalam proses penciptaan suatu produk. Produk akhirnya nanti akan memiliki nilai lebih berupa kedekatan emosional konsumen dengan karakter yang dimanfaatkan,” jelas Kasan di Jakarta, Rabu (21/12/2022).



Selain itu, daya jual sebuah produk akan semakin terdiversifikasi karena sifat dari karakter kekayaan intelektual yang adaptif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan produk maupun jasa.

Kasan mencatat, produk kekayaan intelektual lokal, yang merupakan bagian dari ekonomi digital di Indonesia saat ini menjadi salah satu tren baru dalam dunia bisnis kreatif. Terdapat banyak sekali karakter kekayaan intelektual lokal Indonesia yang menarik perhatian masyarakat seperti Gundala, Sri Asih, komik Si Juki, dan lain sebagainya.

"Industri kekayaan intelektual lokal Indonesia yang memiliki potensi cukup besar ini dapat terus digarap untuk mendapatkan pasar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungkap Kasan.



Sejumlah upaya telah dilakukan Kemendag untuk mendorong pemanfaatan kekayaan intelektual, terutama di bidang gim. Misalnya, memfasilitasi 13 pelaku usaha gim Indonesia untuk mengikuti Gamescom 2022 pada Agustus 2022 di Cologne, Jerman.

Kemendag juga memfasilitasi 10 pengembang gim lokal Indonesia untuk berpartisipasi dalam misi dagang ke Jepang pada September 2022.

"Misi dagang ke Jepang meliputi keikutsertaan dalam forum bisnis dan one-on-one business matching dengan komunitas dan pegiat industri gim Jepang, serta partisipasi dalam Tokyo Game Show 2022," jelas Kasan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)