Harga Beras Indonesia Disebut Termahal se-ASEAN, Wapres Buka Suara

Kamis, 22 Desember 2022 - 17:30 WIB
loading...
Harga Beras Indonesia Disebut Termahal se-ASEAN, Wapres Buka Suara
Wapres Ma’ruf Amin menanggapi kabar ihwal harga beras di Indonesia yang disebut-sebut tertinggi se-ASEAN. Foto/MPI/Binti Mufarida
A A A
NUSA DUA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menanggapi kabar ihwal harga beras di Indonesia yang disebut-sebut tertinggi dibanding negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

Bank Dunia (World Bank) sebelumnya merilis laporan Indonesia Economic Prospect (IEP) edisi Desember 2022, dan menyebut harga beras di Indonesia tertinggi se-ASEAN.

“Jadi kalau mau menilai harga beras itu harus dirata-rata. Jadi ketika murah, ketika naik, itu dirata-rata menjadi berapa,” kata Wapres di sela menghadiri acara di Nusa Dua, Bali, Kamis (22/12/2022).

Wapres pun menegaskan bahwa harga beras di Indonesia bukan yang termahal namun juga bukan yang termurah jika dibandingkan dengan negara ASEAN lain.

“Jadi dilihat, kalau dilihat indikasi secara keseluruhan tidak yang termahal, mungkin juga bukan yang termurah, tapi agak murah lah, di atas yang termurah mungkin, antara itu, tapi bukan yang termahal,” tandasnya.



Lebih lanjut Wapres juga menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan langkah-langkah pengadaan untuk menjaga stok beras yang berkualitas. Sehingga, distribusi beras juga lancar.

“Kebijakan Indonesia itu tentang perberasan itu kan pertama masalah pengadaan beras, kemudian kualitas beras itu terus dilakukan, kemudian distribusi juga ya, kemudian ya tentu harga beras. Ini semuanya sudah sangat baik sekali. Semua sudah berjalan, pengadaan semua,” beber Ma’ruf.

Bahkan, Wapres mengatakan selama dua tahun Indonesia berhasil swasembada beras dan tidak melakukan impor. “Sehingga, sudah 2 tahun kita tidak impor kan. Ya, Sekarang pun sebenernya cukup, cuman cadangan, jadi ada impor itu untuk cadangan,” tandasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)