Ganjar Siap Luncurkan Siandin, Aplikasi Digital Bagi Nelayan

Sabtu, 24 Desember 2022 - 13:30 WIB
loading...
Ganjar Siap Luncurkan Siandin, Aplikasi Digital Bagi Nelayan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Kelautan dan Perikanan (Siandin) yang akan diluncurkan awal 2023. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SOLO - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyiapkan aplikasi Sistem Informasi Kelautan dan Perikanan (Siandin). Aplikasi yang akan launching awal tahun 2023 ini mempermudah nelayan lewat berbagai informasi terintegrasi.

"Dari Dinas Kelautan dan Perikanan kita membuat aplikasi Siandin. Sehingga ini menjadi sistem informasi, termasuk untuk nelayan kita," ujar Ganjar di sela acara Central Java Fish Market 2022, di Solo, Jateng, Sabtu (24/12/2022).



Menurut Ganjar, aplikan ini akan banyak membantu nelayan dalam mengakses informasi. Mulai dari cuaca, berita, publikasi, ekspor hasil perikanan, statistik perikanan, pemasaran, harga ikan dan lain sebagainya.

"Informasi cuaca ada di sana, informasi pasar ada di sana, informasi harga ikan ada di sana. Sehingga nanti kita harapkan nelayan-nelayan yang melaut itu kalau sudah menangkap ikan mereka sudah bisa sharing, dapat ikannya apa dan berapa jumlahnya," ucapnya. "Mereka bisa langsung komunikasi dengan radio di tempat pelelangan ikan," sambung Ganjar.

Mantan anggota DPR itu berharap, terobosan ini semakin memudahkan nelayan dalam menjalankan profesinya. Ganjar juga berharap, para nelayan bisa hidup lebih sejahtera dengan kehadiran aplikasi Siandin.

"Sehingga kita harapkan nanti mereka bisa mendapatkan harga paling bagus. Dan ini bagian dari gerakan kita bersama untuk membantu para nelayan dan masyarakat gemar dan makan ikan," tuturnya.



Dalam kesempatan itu, Ganjar menyempatkan diri untuk lari di kelas 5K bersama ratusan runners di Solo. Ganjar juga ikut menebar 25.000 benih ikan patin ke Sungai Bengawan Solo. "Kita tebar benih ikan patin tadi. Ikan patin kita tebar di Bengawan Solo. Jadi mudah-mudahan ikannya nanti juga bisa beranak pinak di sana dan sampai ke Jawa Timur (Jatim)," ujar Ganjar.

Sebelumnya, Ganjar telah menggulirkan sejumlah program untuk kesejahteraan nelayan. Seperti bantuan Rp 60 miliar kepada masyarakat dan nelayan terdampak penyesuaian harga BBM bersubsidi, termasuk nelayan. Ganjar juga menganggarkan bantuan Rp 4,74 miliar untuk total 14.375 orang nelayan.

Rentetan bantuan itu menyempurnakan program Kartu Nelayan dan Asuransi Nelayan (Ansel) yang digagas Ganjar. Ganjar telah meng-cover 151.457 nelayan dengan Ansel dan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak 2016-2022.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)